Proyek Kabel Bawah Laut Terpanjang Milik PLN Rampung Awal 2022

Saat ini progres penggelaran kabelnya sejauh 36 kilometer sudah selesai dari Tanjung Carat hingga Muntok Kabupaten Bangka Barat.

Zufrizal
9 Nov 2021 - 15.13
A-
A+
Proyek Kabel Bawah Laut Terpanjang Milik PLN Rampung Awal 2022

Pembangunan kabel listrik bawah laut Sumatera menuju Bangka.-ANTARA/HO

Bisnis, PANGKALPINANG — PT Perusahaan Listrik Negara Sumbagsel menargetkan proyek pembangunan kabel bawah laut Pulau Sumatra ke Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, rampung awal 2022 sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat di pulau penghasil timah itu.

"Proyek dengan nilai investasi triliunan rupiah ini diprediksikan rampung akhir 2021 atau paling lambat pada awal 2022," kata Senior Manager Perizinan Pertanahan dan Komunikasi PLN Sumbagsel Eko Rahmiko melalui keterangan persnya seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/11/2021).

Dia mengatakan bahwa pembangunan kabel bawah laut ini terpanjang di Indonesia untuk menyambungkan kelistrikan Sumatra dengan Bangka. Kabel yang akan terbentang sepanjang 36 kilometer sirkuit (kms) ini dapat menarik para investor menanamkan modal mereka di Bangka Belitung.

"Ini merupakan proyek kabel laut terpanjang PLN di Indonesia, saat ini progres penggelaran kabelnya sejauh 36 kilometer sudah selesai dari Tanjung Carat hingga Muntok Kabupaten Bangka Barat," ujarnya.

Menurut Eko, progres konstruksi titik pendaratan di Muntok sudah mencapai 82,44 persen dan ditargetkan tahap 1 selesai pada minggu ke-2 Desember 2021, sedangkan di Tanjung Carat progresnya sudah 82,11 persen.

"Saat ini kendala yang dihadapi yakni kendala sosial pembebasan lahan right of way atau jalur hak lintas," katanya.

Eko menambahkan bahwa kendala percepatan perampungan proyek kabel bawah laut ini karena PLN yang didirikan adalah tegangan tinggi, tentunya membutuhkan ruang bebas yang luas.

"Kami berharap dengan sudah terkoneksinya jalur listrik SumateraBangka akan menarik para investor menanamkan modal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat daerah ini," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.