PPKM Melonggar, Permintaan Data Seluler Tetap Lancar

Dengan trafik data yang masih tinggi itu, pendapatan operator seluler dari layanan data hingga akhir 2021 dan tahun depan tak berkurang dari layanan data. 

Leo Dwi Jatmiko

11 Nov 2021 - 19.18
A-
A+
PPKM Melonggar, Permintaan Data Seluler Tetap Lancar

Aplikasi yang bisa memberikan laporan rekap kehadiran karyawan dengan cepat dan bebas risiko salah hitung./istimewa

Bisnis, JAKARTA — Makin longgarnya pembatasan terhadap aktivitas bisnis dan mobilitas masyarakat diyakini tidak akan berdampak signifikan terhadap penurunan pendapatan operator seluler. Sejumlah aktivitas yang telah berjalan secara daring, tidak akan berubah menjadi luring. 

Sekjen Pusat Kajian Kebijakan & Regulasi Telekomunikasi ITB Ridwan Effendi mengatakan aktivitas fisik tidak akan sepenuhnya menghilangkan aktivitas daring karena aktivitas fisik saat pandemi mereda akan berjalan secara simultan dengan kegiatan daring.

Dalam kondisi tersebut, dia meyakini permintaan layanan data operator telekomunikasi tetap akan bertumbuh.   

“Jadi model meeting online, pembelajaran online masih akan ada sebagai pelengkap kegiatan offline,” kata Ridwan, Kamis (11/11/2021). 

Senada, Ketua Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Ian Yosef M. Edward mengatakan lalu lintas data tetap akan sama karena masyarakat sudah terbiasa dengan aktivitas daring. 

Hanya beberapa kegiatan penting, menurutnya, yang akan membuat masyarakat meninggalkan rumah dan beraktivitas di kantor. 

Tidak hanya itu, beberapa koordinasi yang dilakukan lintas daerah atau pulau, akan lebih murah jika dilakukan dengan menggunakan video. 

“Masyarakat perkotaan lebih memilih lewat Zoom untuk pertemuan dibandingkan ke kantor untuk menghindari jalanan yang padat,” kata Ian. 

Dengan trafik data yang masih tinggi itu, Ian memperkirakan pendapatan operator dari layanan data hingga akhir 2021 dan tahun depan tak berkurang dari layanan data. 

Sekedar informasi, XL Axiata mencatat total pendapatan selama periode kuartal III/2021 senilai Rp6,8 triliun, dengan Rp 6,3 triliun di antaranya merupakan pendapatan layanan. 

Sementara itu, total pendapatan sepanjang 9 bulan 2021, tercatat Rp19,8 triliun, dengan Rp18,3 triliun di antaranya merupakan pendapatan layanan.

Adapun, Indosat pada kuartal III/2021 mencatat pendapatan senilai Rp6,38 triliun adapun total pendapatan dalam sembilan bulan pertama 2021, meningkat 12,0 persen secara year on year (YoY) menjadi Rp23 triliun.  

Pendapatan dari layanan data menjadi kontributor terbesar bagi Indosat dan XL Axiata. 

PELUANG

Peningkatan aktivitas masyarakat di luar menjadi peluang bagi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) untuk tumbuh lebih baik sepanjang sisa tahun ini dan pada tahun depan. 

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan peningkatan aktivitas masyarakat di luar merupakan angin segar bagi industri layanan seluler atau internet bergerak. 

Peningkatan aktivitas di luar berarti peningkatan mobilitas, yang nantinya akan mendorong pertumbuhan operator seluler. Masyarakat membutuhkan pulsa data saat berada di luar rumah. 

“Meningkatnya mobilitas [karena pelonggaran pembatasan] akan dapat menjadi potensi untuk mendorong pertumbuhan,” kata Tri saat dihubungi, Rabu (10/11/2021). 

Tri menjelaskan untuk saat ini dan kedepan XL Axiata masih akan terus fokus pada strategi untuk menjaga pertumbuhan dengan terus melakukan investasi di wilayah luar Jawa, memperluas kerja sama dan pengembangan produk dengan personalisasi, serta mengembangkan bisnis HOME. 

Dari sisi operasional, perusahaan telekomunikasi berkode saham EXCL akan mengelola belanja modal dengan efektif, mendorong digitalisasi, dan otomasi pada berbagai dimensi operasional. 

“Kami akan mendorong bisnis layanan fixed data termasuk didalamnya home entertainment (HOME) serta Enterprise & SME dan terutamanya dalam hal memberikan layanan konvergensi,” kata Ayu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike D. Herlinda

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.