Tip Memilih Asuransi Properti Agar Tinggal dengan Tenang

Anda harus paham betul mengenai asuransi yang ditawarkan agar tidak mengalami kerugian dan bisa memanfaatkan produknya secara maksimal. Berikut adalah tipnya

Jaffry Prabu Prakoso

25 Jan 2023 - 16.49
A-
A+
Tip Memilih Asuransi Properti Agar Tinggal dengan Tenang

Pekerja sedang menyelesaikan pembangunan rumah. /bisnis

Bisnis, JAKARTA – Memiliki asuransi pada aset properti menjadi sangat penting demi menjaga aset dari sesuatu yang tidak diinginkan. Dengan begitu, Anda bisa tinggal di tempat hunian dengan tenang dan aman.

Akan tetapi, banyaknya produk dan jenis asuransi membuat masyarakat terkadang kebingungan. Anda harus paham betul mengenai asuransi yang ditawarkan agar tidak mengalami kerugian dan bisa memanfaatkan produknya secara maksimal. Berikut adalah tipnya dikutip dari rumah123.com.

Karyawan beraktivitas di dekat logo-logo perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) di Jakarta. /Bisnis-Suselo Jati

Cari Tahu Detail Kondisi Rumah

Ketika akan membangun atau membeli rumah, pastinya Anda diberitahu mengenai spesifikasi rumah, mulai dari bahan yang digunakan, sistem utilitas, sampai besaran listrik.

Jika menemukan ada bahan konstruksi yang bisa mengakibatkan kebakaran atau cepat keropos karena tidak mampu menahan beban air, maka Anda bisa memilih produk asuransi yang tepat dengan kondisi tersebut.

 

Kenali Produk yang Ditawarkan Asuransi

Sebelum datang ke perusahaan asuransi, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai produk yang mereka tawarkan di website resminya. Semua detail produk bisa dipelajari sambil memahami kondisi rumah, lingkungan, dan alam di sekitar hunian.

Selain itu, Anda juga bisa memilih asuransi yang hanya mengover risiko tertentu dengan nilai pertanggungan yang disesuaikan. Misalnya, jika Anda merasa bahwa lingkungan tempat tinggal kurang aman dari aksi kejahatan.

Baca juga: Konsep Hunian Aparthouse Jadi Tren Dilirik Pengembang Properti

Pilihlah Produk dari Beberapa Perusahaan Asuransi

Setiap produk asuransi pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika tidak ingin terbebani dengan pembayaran premi, proses klaim, hingga besaran biaya yang tidak sesuai yang diharapkan, Anda bisa mencari informasi asuransi dari berbagai perusahaan.

Baca juga: Apartemen Meikarta Jadi Incaran Penyewa di Cikarang, Kok Bisa? 

Cek Latar Belakang Perusahaan Asuransi 

Jangan asal pilih asuransi karena produk yang ditawarkan sangat menggiurkan. Pilihlah perusahaan yang terpercaya dan memiliki penilaian yang baik di mata publik. Sama halnya dengan mengecek legalitas developer, Anda harus memberikan perhatian ekstra ketika akan memilih perusahan asuransi.

Anda bisa mencari tahu infonya melalui kerabat, teman kerja, ulasan di media daring, hingga cek statusnya di OJK. Selain itu, cek juga kesehatan keuangan yang dimiliki perusahaan. Jangan sampai di tengah jalan Anda mendapat kabar bahwa perusahaan asuransi tersebut bangkrut.

 

Pahami Isi Kontrak Perjanjian

Ketika sudah memahami produk asuransi rumah di perusahaan yang kredibel, barulah Anda bisa membeli produk asuransi. Dalam proses pembelian hingga tanda tangan kontrak, sebaiknya tanyakan kembali mengenai detail klaim asuransi.

Pelajari dan baca kembali satu persatu isi perjanjian agar tidak ada hal yang memberatkan saat membayar premi asuransi. Hal ini termasuk ketentuan menerima ganti rugi jika rumah mengalami masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.