Anggaran Parekraf 2022 Meorost, Cukup untuk Pemulihan Bali?

Jumlah pagu anggaran Kemenparekraf periode 2022 menurun 22,72% dari 2021 yaitu Rp4,90 triliun. Dengan berbekal Rp3,79 triliun, kementerian akan fokus mengalokasikannya untuk pemulihan Bali dan destinasi unggulan lainnya. 

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

24 Sep 2021 - 14.24
A-
A+
Anggaran Parekraf 2022 Meorost, Cukup untuk Pemulihan Bali?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (18/9/2021)./Antara

Bisnis, JAKARTA — Pagu definitif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif senilai Rp3,79 triliun untu Tahun Anggaran 2022 disetujui oleh Komisi X DPR RI.

Jumlah pagu ini sejatinya menurun 22,72% dari pagu anggaran Kemenparekraf pada 2021 yaitu Rp4,90 triliun. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pagu anggaran yang disetujui badan legislatif itu akan dimanfaatkan untuk melaksanakan sejumlah program strategis Kemenparekraf pada tahun depan. 

“Berbagai bentuk kerja sama ini untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga Salahuddin Uno dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Kamis (23/9/2021). 

Adapun program-program strategis yang dirancang berdasarkan pada Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) 2022 a.l. pemulihan pariwisata Bali dan destinasi pariwisata unggulan lainnya, pengembangan desa wisata dengan mengoptimalkan potensi ekonomi kreatif  (ekraf) sebagai penggerak perekonomian masyarakat, pengembangan destinasi wisata prioritas, diversifikasi pariwisata berkualitas, pemulihan usaha dan pengembangan ekosistem ekraf, dan akselerasi adopsi digital di sektor parekraf.

"Keenam program tersebut digarap oleh seluruh kedeputian dari Deputi 1 hingga Deputi 7 beserta Badan Otorita Pariwisata, PTNP [perguruan tinggi negeri pariwisata], serta Setmen secara terpadu untuk mewujudkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan," kata dia. 

Pagu anggaran ini, lanjut Sandiaga, juga mengalami pergeseran pada tiga program yang menjadi Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL) Kemenpareraf/Baparekraf Tahun 2022.

"Pergeseran pagu anggaran pada program dukungan manajemen dengan pagu anggaran sebesar Rp1,06 triliun dengan penambahan sebesar Rp27 miliar menjadi Rp1,09 triliun. Kemudian, program kepariwisataan dan ekonomi kreatif dengan pagu anggaran sebesar Rp1,70 tirliun mengalami perubahan menjadi Rp1,67 triliun, serta  program pendidikan dan vokasi dengan pagu anggaran Rp1,02 triliun,” kata dia. 

Di sisi lain, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan persetujuan pagu definitif ini bertujuan agar Kemenparekraf atau Baparekraf dapat melaksanakan program-program strategis nasional yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

"Komisi X DPR RI dan Kemenparekraf sepakat bahwa program-program strategis nasional dan program-program yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat akan dilaksanakan oleh Kemenparekraf dengan memperhatikan saran, pandangan, dan usulan anggota Komisi X selama pembahasan RAPBN tahun anggaran 2022 yang telah dilakukan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Syaiful.

PEMAGANGAN

Pada perkembangan lain terkait dengan upaya pemulihan sektor pariwisata, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melakukan Kick Off Pemagangan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

Kick Off itu menandai dimulainya penyiapan sumber daya manusia (SDM) terampil pada sektor pariwisata di 5 destinasi wisata superprioritas. 

Menaker Ida menyatakan Program Pemangan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan. Khususnya, Ida menggarisbawahi, dalam menyiapkan tenaga kerja dengan kompetensi yang sesuai dengan pasar kerja. 

"Dalam program pemagangan, peserta mendapatkan pengalaman kerja pada dunia kerja yang sesungguhnya, membentuk sikap mental, perilaku kerja serta kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja," kata Ida. 

Selain penyiapan SDM terampil di 5 destinasi wisata superprioritas, dia mengatakan, pemagangan juga menjadi upaya pemerintah dalam menyongsong bonus demografi, serta menyelesaikan sejumlah tantangan yang melingkupinya.

Tantangan-tantangan tersebut di antaranya adalah era digitalisasi, dampak pandemi Covid-19 pada sektor ketenagakerjaan, dan rendahnya kualifikasi keterampilan SDM Indonesia. 

"Program pemagangan ini adalah bagian dari pelatihan, bukan untuk mendapatkan tenaga kerja murah. Namun, justru untuk mendapatkan tenaga kerja kompeten sesuai dengan kebutuhan industri, dalam hal ini adalah industri wisata," kata dia.

Kick Off Pemagangan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas dilaksanakan secara hybrid. Di mana kick off dilaksanakan secara serempak di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas yaitu Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Likupang (Sulawesi Utara) melalui sambungan video (virtual).

Kick off ini juga dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Likupang, Minahasa Utara, sebagai pusat pelaksanaan kick off. 

Pemagangan Dalam Negeri pada 5 Destinasi Wisata Super Prioritas akan diikuti 470 peserta program pemagangan dengan 25 jenis jabatan, yaitu Food And Beverage Service Product; Food And Beverage Service Service; Front Office; Housekeeping; Engineering; Akunting; Food And Beverage Service Kitchen; Food And Beverage Service Restaurant; Pelayan Restoran; Back Office; Kru Diving; Admin Finance; Banquet Attendant; General Staff Officer; Information Technology; Koki; Laundry; Laundry Attendant; Public Area; Reception; Room Attendant; Room Boy; Service; Teknisi; dan Waitress. 

Untuk memfasilitasi program ini, Kemnaker juga menjalin kerja sama dengan 46 perusahaan bidang pariwisata yang berada di sekitar 5 destinasi wisata superprioritas. 

"Mudah-mudahan dengan adanya program pemagangan ini kita bisa meningkatkan kompetensi para pekerja sektor pariwisata untuk mendukung 5 destinasi wisata superprioritas," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike D. Herlinda

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.