Cat Anti-fouling Penguat Struktur di Lingkungan Air Laut

Penempelan mikroorganisme tersebut juga dapat menyebabkan berat mati struktur semakin bertambah pada penopang di tiap pilar.

Zufrizal

13 Des 2021 - 19.50
A-
A+
Cat Anti-fouling Penguat Struktur di Lingkungan Air Laut

Jalan tol Bali Mandara di Bali.-Sumber: BPJT

Bisnis, JAKARTA —  Pernahkan terpikirkan oleh Anda mengapa beton jembatan dan jalan tol di atas air seperti jalan tol Bali Mandara di Pulau Bali bila bertahan untuk waktu yang cukup lama?

Padahal, beton yang digunakan sebagai bahan baku pilar jembatan diatas air, apabila ditempeli biota laut akan menjadi lebih rapuh dan dapat menyebabkan kerusakan pada struktur pilar tersebut. 

Salah satu jenis biota laut yang kerap menempel pada pilar jembatan yang terendam dalam air air laut seperti dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol adalah teritip. 

Penempelan mikroorganisme tersebut juga dapat menyebabkan berat mati struktur semakin bertambah pada penopang di tiap pilar.

Guna mencegah kerusakan pada tiap pilar atau lambung kapal tersebut, maka pilar-pilar atau lambung kapal dilapisi dengan teknologi cat anti-fouling. Penggunaan cat anti-fouling ini diterapkan pada tiang pancang di jalan toll Bali  Mandara yang berjumlah hampir 14.000 tiang pancang.

Teknologi cat anti-fouling tipe statis merupakan suatu cat yang dilapisi dengan kandungan biosida aktif yang dapat digunakan sebagai metoda perlindungan struktur jembatan yang berada di lingkungan laut/pantai dari kerusakan yang diakibatkan oleh penempelan biota laut sobat.

Penggunaan cat anti-fouling ini diterapkan dengan metode two in one protection system yang berfungsi sebagai lapis lindung antikorosi dan juga anti-fouling yang bekerja pada struktur-struktur statis di lingkungan laut/pantai dengan waktu yang cukup lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.