Daftar 10 Pengusaha Minyak Terkaya di Dunia

Meski Arab Saudi dikenal sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia, nyatanya ada sejumlah pengusaha lain yang berasal dari Rusia bahkan India yang menjadi pengusaha terkaya di daftar ini.

Jaffry Prabu Prakoso

24 Des 2022 - 15.12
A-
A+
Daftar 10 Pengusaha Minyak Terkaya di Dunia

JAKARTA – Ada sederet miliarder yang memiliki kekayaan mencapai triliunan rupiah bekat industri minyak dan gas. Pasalnya, bisnis bahan bakar yang mereka kembangkan tersebut telah menjadi salah satu sumbangan besar bagi perekonomian dunia. 

Tak heran, bila sebagian besar pengusaha yang bergerak di bidang ini mampu mencetak banyak keuntungan hingga punya harta hingga miliaran dolar. 

Meski Arab Saudi dikenal sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia, nyatanya ada sejumlah pengusaha lain yang berasal dari Rusia bahkan India yang menjadi pengusaha terkaya di daftar ini.

Lantas, siapa saja raja minyak terkaya di tahun 2022? Melansir dari The Richest, Jumat (23/12/2022) berikut ulasan Bisnis selengkapnya.  

 

10. German Khan 

German Khan adalah miliarder dan pengusaha Ukraina-Rusia yang menjadi sosok dibalik pengendali Alfa Group dan LetterOne. Perusahaan Alfa Group Tyumen Oil bergabung dengan aset British Petroleum (BP) di Rusia pada tahun 2003 dan 10 tahun kemudian, Khan menjual 25 persen sahamnya (bersama dengan mitranya) seharga US$14 miliar atau sekitar Rp218 triliun.

Menurut Offshore-Technology, Khan juga memegang saham di bidang minyak, gas, perbankan komersial dan investasi, manajemen aset, asuransi, ritel, dan telekomunikasi. Adapun, harta kekayaannya mencapai US$8,5 miliar atau setara dengan Rp132 triliun.

Baca juga: Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Pemilik BCA Betah di Pucuk

9. George Kaiser

Pada tahun 1969, ketika ayah Kaiser, pemilik sebuah perusahaan minyak kecil independen mengalami serangan jantung, Kaiser akhirnya mengambil alih bisnis keluarga dan menjadi perusahaan eksplorasi energi swasta terbesar ke-23 di AS.

Menurut CQHA, miliarder Amerika itu telah menggunakan rejeki nomplok keuangannya untuk membeli saham di banyak perusahaan, termasuk Oklahoma City Thunder. Tercatat harta kekayaannya mencapai US$9,7 miliar atau setara dengan Rp151 triliun.

 

8. Mikhail Fridman

Fridman yang merupakan pengusaha Israel Rusia itu adalah salah satu rekan bisnis German Khan ketika grup tersebut mendirikan Alfa Group dan kemudian, memilih untuk menjual saham mereka ke BP. Untuk kesepakatan bisnis itu saja, Fridman memperoleh US$5,1 miliar atau Rp79 triliun dalam bentuk tunai.

Sebelum penjualan, Fridman telah membangun Alfa Group menjadi salah satu perusahaan investasi swasta terbesar di Rusia. Dia juga salah satu pendiri Genesis Philanthropy Group, yayasan pendukung orang Yahudi Rusia di seluruh dunia. Saat ini, harta kekayaannya mencapai US$12,9 miliar atau setara dengan Rp201 triliun.

 

7. Harold Hamm 

Harold Hamm menjadi pengusaha Amerika yang mendirikan dan memimpin salah satu perusahaan minyak independen terbesar di Amerika Serikat, Continental Resources. Pada tahun 1990-an, Hamm-lah yang mulai menggunakan pengeboran horizontal dan rekahan hidrolik di North Dakota. 

Saat ini, perusahaan memproduksi lebih dari 160.000 barel per hari. Adapun, harta kekayaannya kini mencapai US$18,6 miliar atau setara dengan Rp289 triliun.

Baca juga: Daftar Konglomerat Pemilik Jalan Tol di Indonesia 

6. Gennady Timchenko

Gennady Timchenko adalah pendiri dan pemilik grup investasi swasta Volga. Miliarder itu dulunya adalah salah satu pemilik Grup Gunvor dan merupakan salah satu orang paling berkuasa di Rusia dan berteman dekat dengan Presiden Vladimir Putin, di mana saat ini harta kekayaannya mencapai US$19,6 miliar atau setara dengan Rp308 triliun.

 

5. Elaine Marshall 

Satu-satunya perempuan dalam daftar taipan minyak terkaya di dunia adalah Marshall, seorang pengacara dan politikus Amerika yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri sejak 1997. 

Dia mengendalikan 15 persen Koch Industries, di mana dirinya menempati jabatan sebagai dewan Koch Industries dan mewarisi kekayaannya dari mendiang suaminya E. Pierce Marshall dengan harta kekayaan mencapai US$ 20 miliar atau setara dengan Rp311 triliun.

 

4. Vagit Alekperov 

Vagit Alekperov adalah pengusaha perusahaan minyak terkemuka di Rusia, LUKOIL. Sebagai informasi, sebelum menjadi pengusaha sukses. Diketahui, dirinya pernah bekerja sebagai pekerja rig minyak di Laut Kaspia hingga akhirnya menjadi wakil menteri industri minyak di Uni Soviet.

LUKOIL adalah perusahaan terbesar ketiga di Rusia setelah Sberbank dan Rosneft. Dengan mengendalikan perusahaan besar, tercatat harta kekayaannya mencapai US$21,2 miliar atau setara dengan Rp330 triliun. 

 

3. Leonid Mikhelson 

Leonid Mikhelson adalah CEO, ketua dan pemegang saham utama Novatek, sebuah perusahaan gas Rusia. Selain itu, Mikhelson membeli 17 persen saham perusahaan petrokimia Sibur dari Kirill Shamalo.

Terkait harta kekayaannya mencapai US$22,8 miliar atau setara dengan Rp355 triliun. Mikhelson juga dikatakan memiliki hubungan dekat dengan Presiden Putin.

 

2. Charles Koch 

Charles Koch adalah miliarder Amerika yang telah menjadi ketua dan CEO Koch Industries sejak 1967. 

Koch memiliki 42 persen saham perusahaan, memperoleh pendapatan US$115 miliar dari investasi termasuk saluran pipa, bahan kimia, cangkir Dixie, dan karpet Stainmaster.

Dengan harta kekayaannya mencapai US$62,9 miliar atau setara dengan Rp981 triliun. Tak heran apabila dia pernah menyandang status sebagai orang terkaya di New York City.

 

Chairman dan Managing Director Reliance Industries Mukesh Ambani./Bloomberg


1. Mukesh Ambani 

Mukesh Ambani adalah pengusaha India yang juga merupakan ketua dan direktur pelaksana Reliance Industries, sebuah perusahaan yang berinvestasi pada petrokimia, minyak, gas, telekomunikasi dan ritel, dengan pendapatan lebih dari US$74 miliar atau stara dengan Rp1.153 triliun setiap tahun.

Menurut Forbes, dalam 2 tahun terakhir, kekayaan bersih Ambani naik 3 kali lipat, seiring dirinya memperluas bisnis, dari yang awalnya hanya manufaktur tekstil menjadi konglomerat dengan diversifikasi bisis yang luas di Mumbai, India. 

Adapun, harta kekayaannya mencapai US$101,6 miliar atau setara dengan Rp1.583 triliun dan menjadi orang terkaya ke-8 di dunia. (Arlina Laras)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.