Dukungan Swasta & UMKM Bawa PLN Raih Penghargaan Mitra BUMN

Dalam ajang penghargaan tersebut, PLN menyabet peringkat pertama National Champion pada Kategori Customer/Buyer untuk kelas usaha BUMN atas kontribusinya dalam penggunaan produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan nasional dalam mendukung kegiatan operasional dan bisnis perseroan.

Ibeth Nurbaiti

11 Mei 2022 - 18.30
A-
A+
Dukungan Swasta & UMKM Bawa PLN Raih Penghargaan Mitra BUMN

PT PLN (Persero) meraih penghargaan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam ajang Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022. Sebagai bentuk sinergi BUMN, PLN menggunakan produk dan jasa yang dihasilkan BUMN dalam mendukung kegiatan operasional dan bisnis perseroan. Dok. PLN

Bisnis, JAKARTA — Dalam upaya mendorong perekonomian nasional, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) terus berupaya menggunakan produk dan jasa dari industri di dalam negeri. Tak hanya bersinergi dengan BUMN, perusahaan setrum pelat merah itu juga menggandeng swasta dan para pelaku UMKM untuk bersama membangun negeri.

Komitmen itu pula yang akhirnya membawa PLN meraih penghargaan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam ajang Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 yang digelar di Jakarta, Senin (9/5/2022).

Dalam ajang penghargaan tersebut, PLN menyabet peringkat pertama National Champion pada Kategori Customer/Buyer untuk kelas usaha BUMN atas kontribusinya dalam penggunaan produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan nasional dalam mendukung kegiatan operasional dan bisnis perseroan.

Baca juga: Membaca Arah Transformasi Bisnis PLN, Bakal Menyamai Pertamina?

“Kami berterima kasih untuk apresiasi ini. Bagi kami, peran para mitra untuk mendukung kinerja PLN hari ini dan ke depan sangat penting agar membuat PLN lebih trengginas dan lincah. Kami berharap kerja sama ini dapat semakin erat dan memberi manfaat bagi kedua belah pihak,” ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan pers yang dikutip Rabu (11/5/2022).

Sebagai catatan, sesuai dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero) 2021—2030, telah direncanakan pembangunan jaringan tenaga listrik di seluruh Indonesia dengan total panjang jaringan sebesar 494.631 kms hingga 2030 sebagai upaya menyalurkan tenaga listrik dari pembangkit ke lokasi demand, menginterkoneksikan sistem ketenagalistrikan untuk sharing resources, dan meningkatkan keandalan sistem.


Panjang jaringan tersebut terdiri atas transmisi tenaga listrik sepanjang 47.723 kms dan distribusi tenaga listrik 446.908 kms. Rencana pembangunan jaringan tenaga listrik tersebut tentu sangat membutuhkan ketersediaan kabel di dalam negeri.

Saat ini, nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) kabel listrik berkisar antara 80%—90% untuk jenis produk kabel listrik, kabel/kawat listrik untuk tegangan rendah, menengah, dan tinggi.

Untuk diketahui, apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 diberikan melalui rangkaian proses seleksi dan penilaian yang dilakukan dengan dasar kinerja kemitraan 2021. Terdapat 268 mitra yang diusulkan dengan 12 klaster BUMN dan selanjutnya dari hasil seleksi diperoleh 41 mitra yang diberikan apresiasi pada tahun ini.

Baca juga: Beragam Cara PLN Mengurangi Emisi Karbon Pembangkit Listrik

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kementerian kepada para mitra BUMN yang mendukung kegiatan bisnis dan operasional perusahaan sehingga dapat merealisasikan kinerja secara lebih efektif dan efisien,” kata Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Erick, acara tersebut diselenggarakan untuk mempererat sinergitas BUMN dengan swasta dan UMKM. Indonesia, imbuhnya, sejatinya memiliki kekuatan luar biasa yaitu sumber daya alam dan pasar yang dapat membantu BUMN, swasta, serta UMKM untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pascapandemi.

“Sudah seharusnya ada konsolidasi, terlebih lagi saat ini pemerintah memiliki roadmap besar, bukan hanya kolaborasi pemerintah dengan swasta dan UMKM, tetapi juga memaksimalkan peran BUMN untuk bermitra bersama swasta dan UMKM. Ini kekuatan kita sendiri sebagai sebuah bangsa,” ujarnya.

Teknisi melakukan perawatan jaringan listrik di Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/2/2022). PT PLN (Persero) menyampaikan bahwa dalam rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL) PLN 2021–2030 telah ditetapkan kebutuhan pembangkit listrik tenaga energi baru terbarukan (EBT) base load sebesar 1,1 gigawatt (GW). Pembangkit listrik tenaga EBT base load tersebut merupakan pembangkit listrik energi terbarukan yang mampu menggantikan pembangkit fosil dengan biaya pokok produksi (BPP) lebih murah, dan dapat beroperasi selama 24 jam. Bisnis/Himawan L Nugraha

Erick berterima kasih kepada mitra yang berkolaborasi dengan BUMN dalam membentuk ekosistem usaha yang dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif terhadap perekonomian. Menurut Erick, BUMN tidak boleh menjadi menara gading di tengah tantangan disrupsi digital.

“Saya berharap BUMN bersama mitranya duduk sejajar saling melayani dengan baik, karena ini sebuah era kolaboratif sehingga kita bisa menjadi pesaing global tidak hanya menjadi raja di kampungnya saja,” tuturnya.

Baca juga: Simpang Dilema Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik

Dengan adanya ajang Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022, Erick berharap agar BUMN bersama dengan swasta dan UMKM dapat melakukan tiga hal secara bersama-sama, yaitu pertama memperbaiki hubungan dengan win-win solution, mengingat BUMN akan didorong menjadi perusahaan global dengan sinergitas yang terjalin antarkedua belah pihak. 

Kedua, membangun keberpihakan pada produk dalam negeri, yakni Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) melalui para mitranya. Terakhir, penting sekali BUMN memiliki mitra yang satu visi, yaitu mitra yang transparan dan profesional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.