Kabar Duka, Ketua KPPU Kodrat Wibowo Meninggal Dunia

Secara resmi, pihak Humas KPPU telah menginformasikan bahwa Kodrat Wibowo berpulang dan memohon agar segala kesalahannya dimaafkan.

Markus Gabriel Noviarizal Fernandez

5 Nov 2021 - 13.10
A-
A+
Kabar Duka, Ketua KPPU Kodrat Wibowo Meninggal Dunia

Ketua KPPU Kodrat Wibowo hari ini, Jumat (5/11/2024) meninggal dunia./Facebook-KPPU

Bisnis, JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha hari ini, Jumat (5/11/2021) berduka. Ketua KPPU Kodrat Wibowo meninggal Jumat siang.

Wakil Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha  (KPPU) Guntur Saragih membenarkan informasi tersebut.

“Baru saja meninggal sekitar 15 menit yang lalu di Rumah Sakit Abdi Waluyo,” ujarnya kepada  Bisnis, Jumat siang.

Secara resmi, pihak Humas KPPU telah menginformasikan bahwa Kodrat Wibowo berpulang dan memohon agar segala kesalahannya dimaafkan.

Kodrat Wibowo selain sebagai Komisioner KPPU, juga dikenal sebagai ahli ekonomi mikro, statistik dan ekonometrika, keuangan dan kebijakan publik, serta perencanaan pembangunan.

Dia menuntaskan Pendidikan Doktoral dan meraih gelar Ph.D-nya pada bidang Ekonomi di Oklahoma University pada tahun 2003.

SebeIum bergabung di KPPU, Kodrat pernah beberapa kali memegang jabatan penting seperti menjadi Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Wening Kota Bandung, Wakil Ketua Komite Audit Majelis Wali Amanah Universitas Padjadjaran, dan Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Independen Kebijakan Publik (LPIKP). Bahkan, hingga saat ini masih aktif menjadi akademisi dan Peneliti Senior di Center for Economics and Development Studies (CEDS) FEB Unpad.

Pria kelahiran Bogor 1971 ini juga sering melibatkan diri pada kegiatan pengabdian masyarakat, seperti menjadi Anggota Juri pada Penghargaan Pangripta Nusantara Award (Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik Nasional) di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas pada tahun 2010-2014.

Sejak tahun 2005, Kodrat turut aktif pada kegiatan pelatihan dan pengembangan diri yaitu dengan mengikuti berbagai workshop, seperti Taxation in Developing and Emerging Economies di Belgia, Komunikasi Kebijakan Riset di India, Simulasi Kebijakan di Thailand, Lingkungan Ekonomi Pertahanan Global di Inggris, Penguatan Kelembagaan untuk Meningkatkan Akuntabilitas Publik di Praha. 

Selain itu,Kodrat juga telah menghasilkan beberapa karya ilmiah, di antaranya yaitu The Accountability of The Indonesia’s Corruption Eradication Commission and The Tax Anti Corruption NGO, serta Analisis Ekonomi Mikro terhadap Hukum Pidana di Indonesia.

Selain aktif di KPPU, Kodrat masih menyempatkan dirinya untuk bermusik sebagai drummer. Dalam unggahannya di akun facebook, Kodrat kerap menampilkan aktivitas bermusiknya. (Edi Suwiknyo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.