Musim Hujan, Pemilik Rumah Perlu Simak 6 Tip

Saat musim hujan, kerap kali terjadi masalah dengan rumah. Untuk itu, mari simak enam tips agar rumah tetap terpelihara dengan baik ketika musim hujan.

Redaksi

12 Des 2021 - 15.26
A-
A+
Musim Hujan, Pemilik Rumah Perlu Simak 6 Tip

Ilustrasi/Pixabay

Bisnis, JAKARTA – Musim hujan kali ini disertai dengan prediksi bakal terjadi badai La Nina. Para pemilik rumah mesti bersiap-siap menyambut hujan deras dan angin kencang.

Kebocoran dan rembes di dinding rumah menjadi ha yang wajib diwaspadai. Para pemilik rumah sbaiknya menyiapkan diri dengan memeriksa huniannya yang bocor atau rembes untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Berikut enam solusi persiapan rumah ketika musim hujan sebagaimana keterangan tertulis Aquaproof yang dikutip Antara:

1. Cek kondisi rumah

Lakukan pengecekan kondisi rumah. Saat cuaca panas, pengecekan dapat dilakukan dengan melihat kondisi rumah seperti noda bekas rembes pada plafon, dinding bergelembung dan berjamur, retak pada dinding luar. Saat hujan, cek juga seluruh ruangan adakah tanda-tanda air masuk akibat bocor dan rembes.

2. Bersihkan saluran air

Bersihkan saluran air seperti saluran air pada atap beton. Jangan biarkan ada sampah yang menyumbat agar tidak menimbulkan genangan air terlalu lama.

3. Waterproofing

Pilih produk waterproofing yang efektif. Pemilihan produk juga memengaruhi investasi jangka panjang sebuah bangunan. Produk yang tepat membuat usia bangunan lebih lama serta masalah bocor atau rembes tidak terulang.

4. Reparasi mandiri

Lakukan reparasi mandiri pada bagian rumah yang mudah dijangkau. Area dinding luar bagian teras, misalnya, dapat dilakukan reparasi mandiri dengan mengelupas cat lama yang teelah jelek, kemudian melapisinya dengan cat pelapis anti bocor yang andal.

5. Manfaatkan jasa tukang

Untuk bagian yang sulit dijangkau dan memerlukan penanganan khusus, panggil jasa reparasi untuk menanganinya. Bagian plafon hingga atap beton maupun atap genteng yang sulit dijangkau, disarankan menggunakan jasa tukang yang lebih paham cara aplikasi dan produk yang tepat.

Jangan segan konsultasikan masalah hunian Anda kepada ahli agar tidak keliru dalam menangani masalah dan tidak keliru saat membeli produk perawatan rumah.

6. Menggunakan cat pelapis

Apabila berencana melakukan perawatan sendiri, kuas, roll, dan airless spray untuk bidang yang luas. Sebelum melapisi waterproofing, gunakan primer campuran super cement dan semen dengan perbandingan volume 1:1 1/4. Pada bagian sudutan atau bagian yang rawan retakan dapat diperkuat menggunakan polyester mesh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.