Free

Secara Global Tercatat Lebih 3.200 Kasus Cacar Monyet

Saat ini sebanyak 48 negara telah melaporkan kasus cacar monyet sejak kian mewabah pada Mei.

Rustam Agus

12 Jul 2022 - 12.12
A-
A+
Secara Global Tercatat Lebih 3.200 Kasus Cacar Monyet

Cacar Monyet di Kongo / Antara

Bisnis JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat saat ini sudh lebih dari 3.200 kasus yang terkonfirmasi cacar monyet dengan satu kematian dilaporkan.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menekankan diperlukan pengawasan intensif di kalangan masyarakat yang lebih luas, sementara kasus di negara-negara non endemik masih didominasi oleh laki-laki yang berhubungan seks sesama jenis.

"Penularan dari orang ke orang sedang berlangsung dan kemungkinan diremehkan," katanya pada pertemuan Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional (2005), seperti dikutip Antara, Jumat (24/6).

Pertemuan para ahli itu diselenggarakan oleh WHO untuk memutuskan apakah akan menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.
 
Sebuah ‘darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional’ adalah tingkat kewaspadaan tertinggi di WHO.
 
Saat ini sebanyak 48 negara telah melaporkan kasus cacar monyet sejak kian mewabah pada Mei. Terdapat hampir 1.500 kasus yang diduga cacar monyet tahun ini di Afrika Tengah dan 70 kematian.

Tedros meminta negara-negara anggota untuk berbagi informasi tentang virus tersebut karena akan membantu WHO dalam mendukung upaya membendung penularan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.