Semeru : Jokowi Minta Gerak Cepat, Ibu Tewas Saat Gendong Anak

Seorang ibu tewas tersapu abu vulkanik erupsi Semeru di Lumajang. Sementara itu, Presiden joko Widodo meminta segenap jajarannya untuk bergerak cepat merespons bencana alam tersebut.

Akbar Evandio

5 Des 2021 - 15.36
A-
A+
Semeru : Jokowi Minta Gerak Cepat, Ibu Tewas Saat Gendong Anak

Sejumlah rumah tertutup abu vulkanik hasil erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur./Antara

Bisnis, LUMAJANG – Relawan Baret Rescue Gerakan Pemuda Nasdem Jember menemukan jenazah seorang ibu yang sedang menggendong bayinya tertimbun lahar Gunung Semeru di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Minggu (5/12/2021).

"Saat melakukan penyisiran, relawan menemukan jenazah ibu dan anak yang tertimbun lahar Semeru," kata Ketua Baret Gerakan Pemuda Nasdem Jember David Handoko Seto sebagaimana dilansir Antara.

Dia mengatakan ada 15 orang tim Baret Rescue yang terjun ke lokasi letusan Gunung Semeru untuk membantu tim BPBD Lumajang melakukan evakuasi korban. "Kami juga menemukan tiga jenazah yang masih terjebak di dalam truk pengangkut pasir yang tertimbun lahar Semeru."

David menjelaskan pihaknya langsung berkoordinasi dengan Basarnas dan BPBD Lumajang untuk mengevakuasi jenazah tersebut. "Tim relawan menemukan tujuh jenazah yang tertimbun lahar Semeru dan langsung berkoordinasi dengan Basarnas."

Dia mengatakan seluruh rumah warga rata dengan tanah tertimbun material lahar Gunung Semeru, bahkan relawan sempat kesulitan ke lokasi karena ketebalan abu vulkanik Semeru.

Selain membantu evakuasi korban letusan Gunung Semeru, tim relawan Baret Jember membantu menyalurkan logistik di posko pengungsian di beberapa titik.

"Kami mengimbau masyarakat bisa membantu korban terdampak letusan Gunung Semeru dan yang yang paling dibutuhkan makanan siap saji dan obat obatan," ujarnya.

Berdasarkan data BPBD Lumajang tercatat 102 orang mengalami luka-luka dan ratusan warga di tiga kecamatan yakni Kecamatan Candipuro, Pronojiwo, dan Pasirian mengungsi akibat letusan Gunung Semeru.

GERAK CEPAT

Sementara itu, Presiden Joko Widodo memerintahkan segenap jajarannya untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dalam merespons erupsi Gunung Semeru.

Hal itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang memberikan keterangan mewakili Presiden sebagaimana ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Kabinet.

Pratikno menyebutkan Kepala Negara juga telah menerima laporan dan terus memonitor situasi dari waktu ke waktu dan telah memerintahkan pengerahan bantuan kesehatan dan logistik untuk pengungsi erupsi Gunung Semeru.

"Bapak Presiden juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat," ujarnya melalui video yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu.

Dia menambahkan Jokowi sudah memerintahkan kepada kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI, Kapolri, gubernur dan bupati untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.