Free

BNPB dan KPK Bahas Pencegahan Korupsi Penanggulangan Bencana

BNPB berkomitmen untuk mencegah terjadinya korupsi di bidang penanggulangan bencana. Menurut Kepala BNPB korupsi dapat terjadi karena kurangnya kesadaran individu.

Aprianus Doni Tolok & Edi Suwiknyo

5 Jan 2022 - 16.39
A-
A+
BNPB dan KPK Bahas Pencegahan Korupsi Penanggulangan Bencana

Ilustrasi - BNPB menyalurkan bantuan untuk penanggulangan dampak bencana./web.bpbd.jatimprov.go.id

Bisnis, JAKARTA - Pencegahan korupsi dalam penanggulangan bencana merupakan hal yang perlu diperhatikan. BNPB berkomitmen untuk mencegah terjadinya korupsi di bidang penanggulangan bencana.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto yang bertandang ke Komisi Pemberantasan Korupi (KPK) di Jakarta, Rabu (5/1/2021). 

Suharyanto menyatakan komitmennya dalam pencegahan korupsi sekaligus meningkatkan kerja sama antara BNPB dan KPK. 

Kehadiran Suharyanto menegaskan komitmen BNPB dalam pencegahan korupsi sekaligus meningkatkan kerja sama antara dua lembaga. 

“Kunjungan kami ke KPK, untuk kerja sama meningkatkan integritas pegawai BNPB, dengan harapan ke depannya integritas seluruh personel dan pegawai lebih meningkat,” ujar Suharyanto melalui keterangan resmi, Rabu. 

Menurut Suharyanto korupsi dapat terjadi karena kurangnya kesadaran individu. Hal itu membuat tindak pidana korupsi tetap terjadi meskipun diawasi oleh banyak pihak. 

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjelaskan KPK telah melakukan pendampingan terkait pengadaan barang dan jasa.

Hal itu yang dilakukan karena BNPB ingin mencegah terjadinya korupsi.  Menurut Alex, dalam kondisi darurat pengadaan barang dan jasa dapat dilakukan penunjukan langsung. Namun, lanjutnya, langkah tersebut harus dilakukan secara hati-hati.  

“Oleh karena itu, pengadaan barang dan jasa tersebut dikawal oleh KPK, dicegah agar tidak ada pihak yang menyalahgunakan,” kata Alex.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.