GM & Posco Akan Bangun Pabrik Pemrosesan Bahan Baterai Ultium

Usaha patungan antara GM dan Posco Chemical tersebut akan memproses cathode active material, bahan baterai utama yang mewakili sekitar 40 persen dari biaya sel baterai. 

Zufrizal

2 Des 2021 - 06.50
A-
A+
GM & Posco Akan Bangun Pabrik Pemrosesan Bahan Baterai Ultium

Platform baterai Ultium untuk kendaraan listrik GM.-Sumber: General Motor

Bisnis, JAKARTA — General Motors dan Posco Chemical akan membentuk usaha patungan yang bakal membangun pabrik di Amerika Utara yang akan memproses bahan baterai untuk platform kendaraan listrik Ultium GM.

Usaha patungan tersebut akan memproses cathode active material (CAM), bahan baterai utama yang mewakili sekitar 40 persen dari biaya sel baterai. Lokasi fasilitas yang akan menciptakan ratusan lapangan kerja saat dibuka pada 2024 itu akan diumumkan kemudian.

“Pekerjaan kami dengan Posco Chemical adalah bagian penting dari strategi kami untuk secara cepat meningkatkan produksi EV [electric vehicle] AS dan mendorong inovasi dalam kinerja baterai, kualitas, dan biaya,” kata Doug Parks, Wakil Presiden Eksekutif Pengembangan Produk Global, Pembelian, dan Rantai Pasokan GM melalui siaran pers, Senin (1/12/2021).

Kendaraan listrik jenis pikap Chevy Silverado dan SUV GMC Hummer EV akan dibangun di pabrik GM.

Dia melanjutkan bahwa GM sedang membangun rantai pasokan yang berfokus pada Amerika Utara yang berkelanjutan dan tangguh untuk kendaraan listrik yang mencakup seluruh ekosistem mulai dari bahan mentah hingga pembuatan dan daur ulang sel baterai.

Kyungzoon Min, CEO Posco Chemical, menuturkan bahwa pihaknya sangat senang untuk berpartisipasi dalam proyek rantai pasokan baterai global dengan GM.

"Melalui kemitraan yang erat, kami akan berinovasi bahan baterai dan berkontribusi untuk mempercepat adopsi EV berdasarkan pengembangan produk kelas dunia, kapasitas produksi massal, dan daya saing bahan baku kami."

Fasilitas baru ini akan memasok fasilitas Ultium Cells LLC yang sedang dibangun GM dan LG Energy Solution di Lordstown, Ohio dan Spring Hill, Tennessee. Dua pabrik sel Ultium yang berbasis di AS direncanakan pada pertengahan dekade ini karena GM mendorong adopsi massal kendaraan listrik Ultium bertenaga besar, termasuk crossover Chevrolet dengan harga sekitar US$30.000.

GM dan POSCO Chemical telah menandatangani lembar persyaratan yang tidak mengikat untuk menciptakan usaha patungan dan berharap untuk segera melaksanakan perjanjian definitif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.