Indomaret Lanjutkan Ekspansi Setelah Tambah 600 Gerai Baru

Pembukaan bertahap ekonomi telah membantu pemulihan daya beli masyarakat. Hal ini menjadi sentimen positif untuk bisnis ritel modern ke depannya.

Iim Fathimah Timorria

5 Okt 2021 - 20.16
A-
A+
Indomaret Lanjutkan Ekspansi Setelah Tambah 600 Gerai Baru

Karyawan minimarket menggesekan kartu debit di mesin Electronic Data Capture (EDC), di Jakarta./ANTARA-Muhammad Adimaja

Bisnis, JAKARTA — Sejalan dengan pelonggaran kegiatan bisnis secara bertahap dua bulan terakhir, Indomaret berencana melanjutkan rencana ekspansi setelah merealisasikan penambahan 600 gerai baru sepanjang semester I/2021.

Managing Director PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf mengatakan pembukaan bertahap ekonomi telah membantu pemulihan daya beli masyarakat. Hal ini menjadi sentimen positif untuk bisnis ritel ke depannya.

“Sampai semester I/2021 kami membuka 600-an toko. Prospek ritel masih terbuka, tetapi sekarang kami harus mengembangkannya secara omni channel, baik secara offline maupun online,” ujarnya, Selasa (5/10/2021).

Akan tetapi, dia tidak memerinci berapa penambahan gerai baru Indomaret yang akan dibuka hingga akhir tahun ini.

Berdasarkan laporan Nielsen Retail Audit, total gerai Indomaret sampai akhir 2020 berjumlah 18.113 gerai. Jumlah tersebut bertambah 612 unit dibandingkan dengan akhir 2019 yakni 17.499 unit.

Sebelumnya, pengamat ritel sekaligus Staf Ahli Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Yongky Susilo mengatakan berlanjutnya pembukaan gerai-gerai baru ritel modern merupakan cerminan optimisme dunia usaha pada kondisi perekonomian.

Kehadiran toko fisik baru juga menjadi upaya untuk mengamankan momentum kenaikan konsumsi tahun depan.

“Penanganan Covid-19 di Indonesia membuat pengusaha lebih optimistis. Dengan dibukanya mal dan tempat belanja secara bertahap dengan level, dunia usaha terutama ritel terdampak. Meski masih ada beberapa pembatasan, pengusaha yakin ke depan akan direlaksasi lebih lanjut.”

Yongky mengatakan kebijakan selama penanganan pandemi tersebut memberi sentimen bagi pengusaha ritel untuk melanjutkan investasi dan melanjutkan rencana bisnis lama yang tertunda, termasuk membuka gerai baru.

Hal ini sekaligus sebagai persiapan untuk menghadapi akhir tahun dan festive season pada semester I/2022.

“Ekonomi akan jump start pada awal 2022 dan puncaknya pada Lebaran. Namun, pelaku usaha harus belajar dari Lebaran 2021 yang saat itu diikuti dengan ledakan Covid-91,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike D. Herlinda

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.