Mulai 11 November, Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran Tak Gratis

Jasa Marga akan mulai menerapkan tarif di ruas Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran mulai 11 November 2021. kehadiran Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran ini mempersingkat waktu dan jarak tempuh menuju Bandara Soekarno-Hatta,

M. Syahran W. Lubis

8 Nov 2021 - 18.58
A-
A+
Mulai 11 November, Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran Tak Gratis

Gerbang Tol Benda Utama di Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran./Jasa Marga

Bisnis, JAKARTA – PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, akan memberlakukan tarif di Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran mulai Kamis (11/11/2021) pk. 00.00 WIB.

Sebagaimana keterangan tertulis jasa Marga pada Senin (8/11/2021), penerapan tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No.1317/KPTS/M/2021 tanggal 27 Oktober 2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran.

Setelah dioperasikan dengan tarif Rp0 sejak 2 April 2021 sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, berdasarkan Keputusan Menteri PUPR tersebut, mulai 11 November 2021, penerapan tarif pada Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran untuk jarak terjauh adalah golongan I Rp25.500, II Rp38.000, III Rp38.000, IV Rp51.000, dan golongan V Rp51.000.

Direktur Utama PT JKC Dadan Waradia menyampaikan bahwa Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran dengan panjang sekitar 14.19 km terintegrasi dengan jalan tol lain, salah satunya dengan Jalan Tol Kunciran–Serpong melalui Kunciran Junction, yang merupakan alternatif pengguna jalan di Jabodetabek khususnya dari Tangerang Raya menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Pengguna jalan dari arah Pamulang kini memiliki alternatif rute menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan melintasi Jalan Tol Pamulang–Serpong, Jalan Tol Serpong–Kunciran, dan Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran.

Dadan mengatakan dengan terintegrasinya jalan tol ini dengan ruas jalan tol lainnya, pengguna jalan menerus dari Pamulang menuju Bandara Soekarno-Hatta dikenakan tarif Jalan Tol Pamulang–Serpong, Jalan Tol Serpong–Kunciran, dan Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran, pada saat bertransaksi di Gerbang Tol (GT) Benda Utama.

Sebagai simulasi, untuk pengguna jalan golongan 1 yang melakukan perjalanan menerus dari Pamulang menuju Bandara Soekarno-Hatta dikenakan tarif akumulasi untuk Jalan Tol Pamulang–Serpong sebesar Rp11.000, Jalan Tol Serpong–Kunciran Rp 20.000, dan Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran Rp 25.500, pada saat bertransaksi di GT Benda Utama. Begitu pula sebaliknya untuk penguna jalan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Pamulang yang menggunakan rute itu.

Namun, karena Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran ini menggunakan sistem transaksi tertutup, bagi pengguna jalan yang tidak menerus akan dikenakan tarif proporsional berdasarkan jarak tempuhnya sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR tersebut.

KONSISTEN TINGKATKAN LAYANAN

Dadan mengutarakan PT JKC secara konsisten meningkatkan layanan di seluruh bidang pelayanan jalan tol. Peningkatan pada layanan transaksi antara lain menyediakan lima lajur reversible (fungsi satu lajur dua arah), layanan isi ulang saldo uang elektronik (mesin top up), mobile reader, dan menempatkan petugas customer service untuk bantu tapping pada waktu padat.

Selain itu di bidang layanan lalu lintas antara lain penyiagaan jumlah armada jalan tol, pemasangan Smart CCTV (di jalur dan gerbang tol), VMS (jalur dan akses masuk), digital map yang berfungsi untuk memantau kepadatan lalu lintas serta sigap dalam memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk memberikan kelancaran pengguna jalan pada saat kepadatan lalu lintas maupun sedang ada pekerjaan pemeliharaan.

PT JKC juga menyiapkan berbagai kendaraan operasional yang siap siaga selama 24 jam untuk membantu penanganan gangguan atau kecelakaan di Ruas Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran di antaranya 2 unit mobile customer service, 1 unit ambulans, 2 unit kendaraan derek, 1 unit kendaraan rescue, dan 2 unit kendaraan Patroli Jalan Raya bantuan dari Korlantas Polri.

Sementara untuk layanan pemeliharaan, diantaranya mempertahankan kualitas jalan dengan perbaikan kondisi sambungan jembatan (expansion joint), menutup lubang dengan metode grouting, pemeliharaan kondisi drainase, penataan lanskap, dan pemasangan lampu PJU LED.

Dadan berharap kehadiran Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran ini mempersingkat waktu dan jarak tempuh menuju Bandara Soekarno-Hatta, serta dapat mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Tangerang, terutama di Jalan Jendral Sudirman, hal ini disebabkan karena Jalan Tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran ini dilengkapi dengan jalan frontage sepanjang 2.3 km yang menghubungkan Jalan Hasyim Ashari dan Jalan Daan Mogot.

Jalan frontage yang dapat dilalui oleh semua kendaraan ini juga dibangun dengan perlintasan tidak sebidang antara jalur kereta double track dengan jalan perkotaan, sehingga dapat menjadi solusi baik untuk kepadatan lalu lintas maupun keselamatan pengguna jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.