15 Tren Teknologi yang Mendisrupsi Real Estat

Para pemimpin real estat yang cerdas memanfaatkan teknologi yang muncul. Patut dipahami kehadiran tren teknologi yang paling berpengaruh yang mendisrupsi industri real estat.

M. Syahran W. Lubis

10 Okt 2021 - 16.11
A-
A+
15 Tren Teknologi yang Mendisrupsi Real Estat

Ilustrasi properti hunian./Reuters

Bisnis, JAKARTA – Sejarah baru-baru ini menunjukkan bahwa cara organisasi di setiap industri untuk tetap relevan di pasar adalah melalui inovasi yang disruptif. Untuk tujuan ini, para pemimpin real estat yang cerdas memanfaatkan teknologi yang muncul di tengah keadaan yang lain menghindari hal baru.

Sayangnya, bahkan jika mereka tidak mencari cara untuk mendisrupsi, gangguan mungkin masih menemukan mereka seperti keengganan untuk mengadopsi teknologi baru dapat menghalangi inovasi, dan ini pada gilirannya dapat menyebabkan bentuk gangguan yang tak disengaja dan berpotensi berbahaya.

Di bawah ini, 15 pakar dari Dewan Real Estat Forbes membahas tren teknologi paling berpengaruh yang mendisrupsi industri real estat saat ini:

1. Pengurangan jejak karbon

Semakin banyak, ketika Amerika Serikat dan seluruh dunia berupaya memerangi perubahan iklim dan mengingat setiap kebijakan luas yang diterapkan oleh pemerintahan baru, teknologi yang membantu mengurangi jejak karbon properti komersial akan terus berkembang.

Real estat adalah kontributor besar perubahan iklim dan harus ada lebih banyak insentif sektor swasta dan publik untuk mendorong efisiensi energi.

2. Bangunan lebih aman

Tren teknologi utama pasca-Covid akan membuat bangunan lebih aman bagi penghuninya. Upaya ini mencakup berbagai cara, seperti filter high efficiency particulate air (HEPA) khusus dengan lampu UV, entri tanpa sentuhan, dan tindakan sanitasi otomatis.

Teknologi yang digunakan untuk memastikan keamanan akan sangat penting bagi real estat di seluruh perkembangan baru dan dalam memperbarui real estat yang ada.

3. Kontrol akses cerdas

Kontrol akses cerdas adalah investasi nomor satu yang dapat dilakukan pemilik properti untuk membuat bangunan mereka lebih efisien. Pun dimaksudkan bahwa itu membuka begitu banyak peluang untuk menabung sebagai manajer properti.

4. Penyebaran blockchain

Blockchain sebagai tren industri baru lahir, tetapi memiliki potensi untuk mengubah industri secara signifikan. teknologi baru yang dikembangkan untuk sistem penyimpanan data digital. Data adalah sumber kehidupan industri real estat. Namun, mengingat banyaknya koneksi manusia yang menyentuh data tersebut, dan penilaian yang terkadang subjektif, data sering kali tidak dapat diandalkan. Dengan blockchain, beberapa data ini dapat ditangkap dalam satu sumber kebenaran.

5. Model penilaian otomatis

Automated valuation models (AVM) menjadi standar penggunaan yang dapat diterima untuk penilaian. Dengan mengingat hal itu, agen real estat perlu beradaptasi untuk menggunakan comps tradisional dan AVM dalam penilaian mereka untuk memodelkan harga di sisi listing dan pembelian. Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam hal ini diperlukan.

6. Pemasaran dan pengumpulan data berbasis AI

Masa depan real estat adalah pemasaran dan pengumpulan informasi melalui AI. Kehati-hatian akan menjadi ketergantungan yang berlebihan pada data yang salah yang mungkin ditambahkan ke hasil campuran dan dampaknya menyimpang. Verifikasi selalu diperlukan, tetapi jangkauan dan efisiensi yang dibawa teknologi ini sangat mengejutkan. Mereka yang tak memanfaatkan AI akan tertinggal.

7. Menumbuhkan fokus pada pembelajaran mesin

Meskipun ada banyak, pengubah permainan yang sebenarnya adalah pembelajaran mesin. Menemukan area terbaik untuk berinvestasi dan properti yang menguntungkan biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan dengan pengumpulan data manual dan perhitungan spreadsheet.

Proses ini sekarang benar-benar membutuhkan waktu beberapa menit menggunakan teknologi, yang memungkinkan Anda memasukkan data besar ke dalam algoritme ML (machine learning) untuk memberikan perkiraan yang sangat andal kepada investor.

8. Tur Video Matterport 3D

Semua teknologi membuat perbedaan besar, tetapi yang memberikan nilai dan dampak terbesar adalah tur video 3D Matterport. Hal ini memungkinkan pembeli menentukan apakah rumahnya cocok sebelum mengambil langkah tur langsung. Ini memungkinkan koneksi yang aman antara pembeli dan penjual, peningkatan kecepatan transaksi, dan perlindungan kesehatan yang lebih besar untuk semua pihak.

9. Adopsi video langsung yang produktif

Salah satu tren yang paling menonjol dan mengganggu di real estat saat ini adalah adopsi video yang produktif. Video dalam segala bentuk sekarang digunakan untuk pemasaran, tur, leasing, penjualan, manajemen aset, dan sebagai alat komunikasi umum. Namun, disrupsi sebenarnya adalah video langsung. Di luar tur langsung, tak ada yang lebih transparan daripada video langsung.

10. Perusahaan iBuyer

Perusahaan iBuyer (instant buyer) perlahan tapi pasti mendapatkan pangsa pasar dan popularitas. Profesional real estat harus memanfaatkan ini dengan bersikap terbuka dan transparan tentang pilihan klien dan mendiskusikan pro dan kontra menggunakan layanan tersebut. Dengan bersikap jujur, klien akan melihat bahwa Anda mencari kepentingan terbaik mereka, yang membantu membangun hubungan pribadi yang lebih dekat dengan mereka.

11. Solusi jembatan untuk penjual

Munculnya "solusi jembatan" untuk penjual adalah pengubah permainan untuk real estat. Membeli rumah Anda berikutnya sebelum Anda menjual rumah Anda saat ini merupakan hambatan utama bagi calon penjual selama beberapa dekade.

"Pengganggu" baru ini (penyedia jembatan) akan memiliki dampak yang lebih besar daripada iBuyers, karena penyedia jembatan beroperasi di berbagai wilayah.

12. Perangkat lunak manajemen sewa

Pindahkan sebanyak mungkin aktivitas manajemen rental Anda secara online. AppFolio disebut-sebut sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat nomor satu pada 2020 oleh majalah Fortune, dan untuk alasan yang bagus.

Perangkat lunak manajemen rental menghemat waktu dengan mengotomatiskan sejumlah besar tugas yang dulunya manual. Dengan otomatisasi datang penghematan, dan dengan penghematan, keuntungan.

13. Pengalaman bebas kontak yang didukung teknologi

Harapan konsumen telah berubah, dengan banyak yang mencari properti jangka pendek atau menengah yang berusaha sebaik mungkin untuk membatasi interaksi manusia.

Teknologi yang mendukung pengalaman bebas kontak, seperti sistem keyless entry, akan menjadi semakin populer, terutama di aparthotel yang tidak memiliki area umum dan menyediakan fasilitas di dalam unit untuk masa inap yang lebih lama, seperti mesin pencuci piring, lemari es, dan lainnya.

14. Keterlibatan berbasis teks

Keterlibatan berbasis teks benar-benar keluar dari grafik dalam hal volume dan daya tanggap. Meskipun perkenalan awal selalu lebih efektif secara langsung atau melalui telepon, kemampuan untuk merespons teks dengan cepat (dalam 5 menit) dalam skala besar merupakan keunggulan kompetitif.

15. Meningkatkan pilihan untuk menilai rental comparables

Saat menganalisis peluang investasi multikeluarga, opsi Big Data untuk menilai "perbandingan sewa" jauh lebih banyak tersedia.

Sementara aplikasi seperti Zumper dan PadMapper menampilkan setiap daftar persewaan aktif di dekat alamat mana pun, aplikasi seperti Rentometer menunjukkan perusahaan yang sudah disewa dan rata-rata persewaan, memungkinkan investor yang cerdas untuk dengan cepat mengukur berapa banyak sewa yang dapat dihasilkan oleh properti yang menjadi target.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.