Antisipasi Covid-19, K/L Cadangkan 5% Anggaran 2022

Kementerian dan lembaga telah mencadangkan setidaknya 5 persen dari anggaran tahun depan untuk mengantisipasi perubahan belanja akibat perkembangan Covid-19.

Wibi Pangestu Pratama

18 Nov 2021 - 18.16
A-
A+
Antisipasi Covid-19, K/L Cadangkan 5% Anggaran 2022

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mengikuti rapat kerja antara Komisi XI DPR RI dengan pemerintah di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (2/12/2019). Bisnis/Arief Hermawan P.

Bisnis, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kementerian dan lembaga telah mencadangkan setidaknya 5 persen dari anggaran tahun depan untuk mengantisipasi perubahan belanja akibat perkembangan Covid-19.

Cadangan itu disiapkan menyusul instruksi Presiden Joko Widodo kepada K/L dalam sidang kabinet paripurna agar mencadangkan anggaran untuk berjaga-jaga jika terjadi lonjakan kasus Covid-19.

“Kalau sampai terjadi situasi seperti varian delta pada Juli–Agustus lalu, [dengan cadangan] kita tidak perlu melakukan refocusing yang membuat disrupsi dalam pelaksanaan anggaran," ujar Sri Mulyani, dikutip Kamis (18/11/2021).

Presiden Jokowi akan menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN 2022 pada akhir bulan ini. Jokowi telah menginstruksikan seluruh K/L untuk mulai menyiapkan pelaksanaan APBN 2022.

Tahun ini, seluruh K/L melakukan realokasi anggaran saat varian delta menyebar medio tahun ini. Realokasi anggaran ditujukan untuk penanganan pandemi Covid-19, percepatan vaksinasi, hingga penyaluran bantuan bagi masyarakat.

Dalam APBN 2022, pagu belanja negara ditetapkan Rp2.714,2 triliun. Belanja pemerintah pusat mencapai Rp1.944 triliun yang Rp945,8 triliun di antaranya belanja K/L.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam Kompas CEO Forum hari ini menyebutkan tiga tantangan pemulihan ekonomi dunia, termasuk Indonesia, yakni pengurangan (tapering) stimulus Federal Reserve, gangguan rantai pasok, dan kelangkaan kontainer.

Menurutnya, pengendalian Covid-19 adalah syarat mutlak untuk mengatasi ketiga tantangan itu.

"Kalau tidak bisa kita kendalikan, ekonominya akan turun dan terpuruk lagi," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Sri Mas Sari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.