Gempa Goyang Banten, Erick Thohir Ikut Mengevakuasi Diri

Menteri BUMN Erick Thohir pun turut merasakan guncangan gempa Banten dan melakukan evakuasi bersama karyawan di Gedung Kementerian BUMN.

Akbar Evandio & Fitri Sartina Dewi

15 Jan 2022 - 14.30
A-
A+
Gempa Goyang Banten, Erick Thohir Ikut Mengevakuasi Diri

Erick Thohir/Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA - Gempa bumi di Selatan Banten, Jumat (14/1/2022) dirasakan di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta. Menteri BUMN Erick Thohir pun turut merasakan guncangan gempa Banten dan melakukan evakuasi bersama karyawan di Gedung Kementerian BUMN.

Seperti dijelaskan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Jumat, gempa tersebut terjadi akibat subduksi lempeng tektonik samudra Indo-Australia yang menunjam masuk di bawah lempeng Benua Eurasia yang menyebabkan terjadinya patahan naik. Lempeng Benua Eurasia, ujar Dwikorita, ujungnya berada di Pulau Jawa, termasuk Banten, Jawa Barat.

Guncangan akibat gempa tersebut ikut dirasakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Dia pun harus keluar dari kantornya di Gedung Kementerian BUMN bersama para pegawai saat terjadi gempa dengan magnitudo 6,7 terasa hingga Jakarta. 

“Ikut merasakan guncangan gempa dari Gedung Kementerian BUMN. [Semua diharap agar] tetap waspada dan berhati-hati,” tulis Erick, dikutip melalui akun @erickthohir, Jumat (14/1/2022). 

Gempa M 6,7 yang mengguncang Banten yang terasa hingga Jakarta memicu karyawan di berbagai gedung perkantoran di Ibu Kota segera keluar dari ruang kerjanya. Tidak terkecuali di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Pada akun Instagram Kementerian BUMN @kementerianbumn, terdapat video yang menunjukkan saat Erick Thohir keluar dari gedung kementerian. 

Sembari bercanda dengan pegawai untuk mengurangi rasa panik, Erick memantau langsung situasi dan kondisi pegawai Kementerian BUMN yang mengevakuasi diri di titik kumpul. 

Dalam video berdurasi 44 detik tersebut, Erick berbincang dengan sejumlah pegawai. 

"Lantai berapa?," tanya Erick ke salah satu pegawai. 

"Lantai 20, pak," jawab pegawai berhijab cokelat. 

"Saya lantai 19, ini lantai 20," timpal Erick. 

"Siap naik lagi," tanya Erick. 

"Siap pak," jawab sang pegawai. 

Pendiri Mahaka Media itu lantas bertanya ke pegawai lainnya. 

"Lantai berapa?," tanya Erick. 

"Lantai 12, pak," jawabnya. 

"Di bawah saya. Siap naik lagi," tanya Erick. 

"Siap. Pakai tangga pak," timpal sang karyawan. 

Erick lantas berdialog dengan salah satu pegawai perempuan dan menanyakan titik gempa. 

Berdasarkan pengumuman BMKG, gempa itu berkekuatan M 6,7 dengan titik gempa pada 7.01 LS dan 105.26 BT atau 52 km barat daya Sumur, Banten. 

"Tidak berpotensi tsunami," ujar Erick. 

Dia menyebutkan, seluruh pegawai Kementerian BUMN mengevakuasi diri melalui tangga darurat sesuai dengan prosedur keselamatan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.