Konstruksi Rumah Baru di Amerika Secara Tak Terduga Melambat

Konstruksi rumah baru di AS pada Oktober 2021 secvara tak terduga mengalami perlambatan. Hal itu disebabkan oleh kekurangan tenaga kerja yang sedang berlangsung dan biaya bahan yang tinggi.

M. Syahran W. Lubis

18 Nov 2021 - 14.55
A-
A+
Konstruksi Rumah Baru di Amerika Secara Tak Terduga Melambat

Ilustrasi perumahan di Amerika Serikat./Business Insider

Bisnis, JAKARTA – Konstruksi rumah baru di Amerika Serikat secara tak terduga melambat pada Oktober 2021, didorong oleh penurunan proyek keluarga tunggal akibat masalah pasokan mengganggu aktivitas pembangunan.

Perumahan mulai turun 0,7% bulan lalu menjadi 1,52 juta unit untuk tingkat tahunan setelah laju 1,53 juta direvisi turun pada September, menurut data pemerintah yang dirilis pada Kamis (18/11/2021) sebagaimana dilansir Bloomberg dan dikutip Bisnis.com. Perkiraan median dalam survei Bloomberg menunjukkan kecepatan 1,58 juta.

Aplikasi untuk membangun, proxy untuk konstruksi masa depan, naik menjadi 1,65 juta unit tahunan pada Oktober. Laju izin untuk unit keluarga tunggal naik ke level tertinggi sejak Mei.

Data menunjukkan bahwa developer masih berjuang untuk memulai proyek baru di tengah kekurangan tenaga kerja yang sedang berlangsung dan biaya bahan yang tinggi. Sementara itu, permintaan jauh melebihi pasokan, menjaga harga rumah tetap tinggi dan membatasi beberapa aktivitas pembelian.

Kalangan developer optimistis bahwa kondisi akan membaik karena permintaan tetap kuat. Ukuran sentimen pembangun rumah naik ke level tertinggi 6 bulan pada November karena penjualan yang lebih kuat dan lalu lintas pejalan kaki, menurut laporan terpisah yang dirilis pada Rabu (17/11/2021).

Pasokan rumah keluarga tunggal mulai turun 3,9% pada Oktober ke laju tahunan 1,04 juta unit, terlemah sejak Agustus 2020.

Untuk properti residensial multi-keluarga—yang cenderung tidak stabil dan mencakup gedung apartemen dan kondominium—meningkat 7,1% menjadi 481.000 unit.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa sementara konstruksi awal di rumah keluarga tunggal turun, izin untuk peletakan batu pertama meningkat, menghasilkan jaminan deposit terbesar sejak 2006.

Jumlah rumah keluarga tunggal yang diizinkan untuk dibangun tetapi belum dimulai—yang menjadi ukuran jaminan deposit—naik menjadi 152.000 pada Oktober.

Laporan tersebut juga menunjukkan jumlah rumah yang sedang dibangun tetapi belum selesai naik menjadi 1,45 juta, tertinggi sejak 1974. Jumlah rumah yang masih dalam pembangunan melebihi jumlah yang diselesaikan selama 5 bulan berturut-turut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.