Mengenal Mobil Van Pengiriman Barang Pertama Mercedes-Benz 

Mercedes Benz telah memulai sukses dengan mobil van pengiriman barang pertamanya sekitar 125 tahun silam. Pelanggan pertamanya ada di Prancis.

Fatkhul Maskur

11 Des 2021 - 11.53
A-
A+
Mengenal Mobil Van Pengiriman Barang Pertama Mercedes-Benz 

Kendaraan pengiriman barang Benz 1896 berdasarkan Benz Victoria. Foto di lokasi pabrik di Mannheim. Benz & Ci. mengirimkan kendaraan tersebut ke department store Paris yang sudah lama berdiri Grands Magasins Du Bon Marché pada Desember 1896. - Foto Mercedes Benz

Bisnis, JAKARTA - Van Mercedes-Benz adalah kendaraan serbaguna, kompak, gesit bermanufer, dan sebagian berpenggerak listrik. Kisah sukses mereka dimulai 125 tahun lalu yang hadir sebagai kendaraan pengiriman barang. Ini adalah van bermotor pertama dunia bermesin pembakaran internal.

Tahun 1896 merupakan tahun penting bagi Rheinische Gasmotorenfabrik Benz & Cie. di Mannheim, ketika rangkaian produk, yang sampai saat itu dicirikan oleh mobil penumpang dengan atap terbuka, diperluas tidak hanya dengan pengiriman van, tetapi juga coupe pertama bermesin pembakaran internal. 

Kendaraan pengiriman Benz pertama kali disebutkan dalam katalog Benz & Cie. pada Mei 1896. Konsep baru dari "Kendaraan bermotor paten dengan desain superior untuk pengiriman barang, dengan mesin 5 tenaga kuda", segera mendapat minat yang cukup besar. Namun, bukan pelanggan dari Jerman yang paling tertarik dengan desain perintis ini. 

Spesimen pertama yang terdokumentasi itu diserahkan ke department store Paris Du Bon Marché. Bahkan, halaman katalog untuk van pengiriman diilustrasikan dengan penggambaran kendaraan ini bersama dengan iklan untuk department store Paris.

Fakta bahwa pelanggan pertama van berasal dari Prancis sesuai dengan cara pasar otomotif berkembang pada saat itu. Meskipun sarana mobilitas baru ditemukan di Jerman pada 1886, oleh Carl Benz dan Gottlieb Daimler secara terpisah, inovasi-inovatif tersebut pada awalnya diterima dengan sangat baik justru di Prancis dan Inggris Raya. 

Jadi, masuk akal jika, pada 5 Desember 1896, van pengiriman bermotor pertama dengan mesin pembakaran dalam, yang diproduksi langsung oleh pabrikan mobil, harus meluncur ke Paris.

Carl Benz di dalam Benz Victoria. Model roda empat pertama dari Benz & Cie. ini dibangun sejak 1893, dan dimungkinkan oleh kemudi gembong fungsional yang ditemukan oleh Benz. - Foto Mercedes-Benz 

DESAIN LANTAI BAWAH

Van pengiriman barang pertama dalam sejarah memiliki muatan 300 kilogram dan didasarkan pada sasis yang juga digunakan Benz untuk model Victoria dan Vis-a-Vis. Perancang memanfaatkan panjang keseluruhan kendaraan secara optimal dengan menempatkan mesin di bawah area beban. 

Oleh karena itu, van pengiriman juga merupakan kendaraan komersial pertama yang menampilkan desain di bawah lantai. Pengemudi duduk tepat di atas as roda depan, yang dilengkapi dengan roda palang kayu dengan ban karet padat yang lebih kecil daripada yang ada di gandar belakang.

Pengemudi dan area beban hampir pada level yang sama, tetapi ini tidak terlihat jelas pada pandangan pertama. Ini karena kendaraan itu berbentuk van panel, dengan iklan yang bagus untuk department store dan tujuan kendaraan impor dari Jerman ini di panel samping, Grands Magasins Du Bon Marche Livraison des Marchandises (Department Store Du Bon Marche. Pengiriman barang). 

Van pengiriman barang Benz 1896 berbasis Benz Victoria. - Foto Mercedes Benz

Pelanggan utama melakukan apa yang direkomendasikan pabrikan dalam katalog 1896, yang mana Benz & Cie. menekankan dampak iklan potensial dari van, "Iklan utama untuk setiap bisnis yang signifikan." 

SISTEM PENGGERAK

Van pengiriman barang ini didukung oleh mesin satu silinder yang dipasang secara horizontal dengan perpindahan 2,9 liter dan output 3,7 kW (5 hp). Sebanyak tiga rasio roda gigi membawa tenaga mesin ke jalan: katrol melangkah pertama, kemudian roda gigi planet dan akhirnya countershaft. Dari sini, dua rantai mengarah ke sprocket di roda belakang. 

Kopling dioperasikan dengan cara menarik dan melepaskan sabuk. Dengan kombinasi mesin dan sistem transmisi ini, truk pengangkut mencapai 15 km/jam dengan beban maksimum dan mengatasi kemiringan hingga sepuluh persen.

Harga jual kendaraan itu 4.500 mark. Sepertiga dari jumlah ini harus dibayar tunai pada saat pemesanan, sisanya jatuh tempo pada saat kendaraan diserahkan di Mannheim. Berapa banyak pelanggan yang saat itu memilih untuk membeli van pengiriman inovatif ini, selain department store Paris, tidak diketahui.

Juga pada akhir 1896, mile Roger, agen umum Benz untuk Prancis, mengembangkan rencana untuk pengiriman van sendiri berdasarkan Benz Velo. Rekannya dalam usaha itu adalah Léon LʼHollier dari Birmingham, Inggris. Sejumlah "kendaraan pengiriman kombinasi" Benz semacam itu dibangun di sana di area Digbeth. Setelah kematian mile Roger pada 1897, proyek tersebut berakhir.

BENZ COUPE

Pada 1896, bersamaan dengan kendaraan komersial ringan, Benz juga memperkenalkan gaya bodi baru untuk mobil penumpang, Coupe. Ini adalah mobil elegan dengan bodi pendek dan tertutup.

Benz Coupe 1896 berdasarkan Benz Victoria. Kendaraan unik itu dikirim ke pelanggan di Paris pada Desember 1896. - Foto Mercedes Benz

Seperti kendaraan pengiriman pertama, Coupe diserahkan kepada pelanggan di ibu kota Prancis 125 tahun yang lalu. Sebuah foto kontemporer bertahan, tetapi Coupé tidak disebutkan dalam daftar harga atau publikasi Benz lainnya dari periode ini. Kecepatan tertingginya 32 km / jam.

Perbandingan dengan foto mobil Benz lain dari pertengahan 1890-an menunjukkan bahwa kendaraan ini didasarkan pada Benz Victoria. Kendaraan roda empat pertama dari Benz ini dibuat pada tahun 1893 dan saat itu menggantikan Benz Patent Motor Car roda tiga. 

Model Vis-a-Vis adalah versi empat tempat duduk dan memiliki kursi bangku yang saling berhadapan. Desain modern dimungkinkan oleh penemuan kemudi gembong fungsional, di mana Benz mendaftarkan paten DRP 73151 pada 28 Februari 1893.

Satu perbedaan yang sangat mencolok antara kendaraan ini dan Victoria adalah kaca depan Coupé yang melengkung. Pada tahap ini tidak memiliki wiper kaca depan karena ini tidak ditemukan sampai awal abad ke-20. 

Di tengah hujan, coupe itu sulit dikendarai. Seperti pada kendaraan pengiriman barang, sistem penggeraknya mesin 2,9 liter satu silinder dengan 3,7 kW (5 hp) dipasang di bagian belakang. Tampaknya transmisi daya ke gandar belakang juga diselesaikan dengan cara yang sama. Coupe diperlambat oleh rem sepatu dan rem pita di roda belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.