Gerak Cepat PLN Siapkan Kebutuhan Listrik Smelter Freeport

Dari pasokan 370 Megavolt Ampere (MVA) dengan empat tahapan, PLN telah memenuhi kebutuhan listrik smelter Freeport sebesar 90 MVA. Setelah sebelumnya pada September 2023 PLN memasok daya listrik tahap I sebesar 30 MVA, pada bulan ini perseroan kembali melakukan penambah

Ibeth Nurbaiti

9 Feb 2024 - 09.33
A-
A+
Gerak Cepat PLN Siapkan Kebutuhan Listrik Smelter Freeport

Gardu Induk Bungah yang memasok listrik untuk Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur. Bisnis-PLN

Bisnis, JAKARTA — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) bergerak cepat menyiapkan pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga milik PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur.

Dari pasokan 370 Megavolt Ampere (MVA) dengan empat tahapan, perusahaan setrum pelat merah itu telah memenuhi kebutuhan listrik smelter Freeport sebesar 90 MVA. Setelah sebelumnya pada September 2023 PLN memasok daya listrik tahap I sebesar 30 MVA, pada bulan ini perseroan kembali melakukan penambahan daya tahap II sebesar 60 MVA.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa PLN mendukung penuh upaya pemerintah mendorong penghiliran industri mineral melalui penyediaan listrik yang andal dengan harga kompetitif. 

Terlebih, penghiliran menjadi langkah strategis untuk meningkatkan nilai komoditas mineral dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional. “PLN menyadari bahwa kehadiran listrik menjadi faktor penting bagi aktivitas industri, terutama untuk hilirisasi industri mineral yang membutuhkan listrik dengan daya besar dan andal,” kata Darmawan dalam keterangannya, Jumat (9/2/2024).

Sejalan dengan itu, imbuhnya, PLN siap memenuhi kebutuhan listrik sektor industri mineral yang terus meningkat setiap tahun. Komitmen ini sesuai dengan misi PLN yang tidak hanya melayani kebutuhan masyarakat, tetapi sekaligus mendukung pertumbuhan industri dalam negeri.

“Ketersediaan energi listrik menjadi faktor krusial di berbagai sektor bisnis dan industri. PLN berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan listrik dengan tingkat keandalan yang tinggi. Hal ini dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh konsumen pelanggan, termasuk sektor industri smelter,” ujarnya.

Baca juga:

Modal Cekak Investasi Proyek Ketenagalistrikan PLN

PLN Tuntaskan Proyek Pembangkit 4.182 MW, Total Jadi 72.976 MW

Pendar Nikel Proyek Smelter Indonesia Dibayangi Harga Global

‘Lagu Lama’ Proyek Smelter Kembali Diputar

Utak-Atik Strategi Gasifikasi Pembangkit Listrik PLN

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur Agus Kuswardoyo menjelaskan, penyediaan listrik untuk PT Freeport Indonesia di KEK Jawa Timur dilakukan dalam IV tahap, dengan perincian, tahap I sebesar 30 MVA, tahap II sebesar 60 MVA, tahap III sebesar 110 MVA, dan tahap IV sebesar 170 MVA. 

“PLN akan terus melakukan percepatan penambahan pasokan tahap III dan tahap IV yang akan direalisasikan pada tahun 2024 ini,” kata Agus.


Dengan kecukupan pasokan listrik, PLN berharap nantinya setelah beroperasi, hasil produksi smelter Freeport Indonesia dapat mendukung industri hilir lainnya seperti pabrik kabel, mobil listrik, dan lain-lain.

“PLN ingin mengambil peran pendukung proyek smelter PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional dalam meningkatkan perekonomian negara,” ujarnya.

Sementara itu, Project Management Officer PT Freeport Indonesia, Alan Hamertton mengapresiasi pelayanan cepat dan responsif PLN terhadap kebutuhan Freeport di KEK Jawa Timur. Kolaborasi positif ini diakui meningkatkan operasional perusahaan. 

“Terima kasih PLN, kebutuhan listrik untuk operasional kami meningkat dan sesuai dengan komitmen awal PLN memberikan respons cepat dan menyediakan pasokan listrik yang andal,” tuturnya.

Adapun, progres pembangunan proyek smelter milik Freeport di KEK Gresik atau Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) hingga Juni 2023 telah mencapai 74,07% dengan investasi sebesar US$2,4 miliar aau sekitar Rp36 triliun.

“Kami akan terus melanjutkan proyek ini sampai selesai sesuai dengan target rampung dan beroperasi pada Mei 2024 sehingga pada saat itu smelter Freeport sudah bisa beroperasi secara parsial,” kata Construction Manager Smelter Freeport Gresik, Yoga Ameliasari saat sosialisasi MediaMind 2023 di Surabaya, Selasa (8/8/2023).

Secara terperinci, pekerjaan tiang panjang smelter sudah selesai 100%, pekerjaan concrete beton smelter mencapai 74% (171.000 m3), pekerjaan instalasi struktur baja area smelter mencapai 48% (19.900 ton), instalasi peralatan 39% (22.700 ton), pembangunan pelabuhan 100%, dan pekerjaan piling PMR (Precious Metal Refinery) selesai 100%, serta pekerjaan concrete beton PMR mencapai 44% (7.500 m3).

“Secara total dalam progres penyelesaian proyek pembangunan smelter Freeport ini telah menyerap tenaga kerja sebanyak 15.000 orang, yang 98  persennya merupakan tenaga kerja Indonesia, yang di dalamnya merupakan tenaga kerja lokal Jatim sebanyak 50 persen,” jelasnya.

Superintend External Comunication PTFI, Sari Esayanti menambahkan, rencananya smelter tembaga baru di JIIPE akan memiliki kapasitas 1,7 juta ton/tahun. Selain itu juga ada ekspansi PT Smelting Gresik 300.000 ton/tahun, serta PMR berkapasitas 6.000 ton/tahun di JIIPE.


“Dengan kapasitas pengolahan smelter PT Smelting 1 juta ton konsentrat tembaga per tahun yang telah beroperasi dan ditambah 300.000 ton. Maka setelah smelter di JIIPE beroperasi, Freeport mampu mengolah 3 juta ton konsentrat tembaga per tahun,” katanya.

Sari menambahkan, produk yang akan dihasilkan dari proyek smelter tembaga PTFI ini terdiri dari katoda tembaga, emas, perak murni batangan, dan Platinum Group Metals (PGM). Selain itu, juga ada produk sampingan dari fasilitas pemurnian PTFI berupa asam sulfat, terak, gypsum, dan timbal. (Peni Widarti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.