Menilik Keunggulan Tracker Buatan Lokal

StartGPS S910 bisa dipasang di alat berat, seperti excavator, traktor, dan heavy equipment machinery, sehingga dapat mengetahui penggunaan bahan bakar sesuai dengan jam kerja dari alat berat tersebut.

Dionisio Damara

7 Nov 2021 - 12.46
A-
A+
Menilik Keunggulan Tracker Buatan Lokal

StartGPS S910. - Foto Istimewa

Bisnis, JAKARTA – PT Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia (STTI), perusahaan rintisan aplikasi GPS Karya Anak Bangsa dengan brand StartGPS, merilis alat pelacak kendaraan untuk mobil dan alat berat serta sepeda motor.

Business Process Manager STTI Irma Purnamasari mengatakan StartGPS S910, yakni pelacak untuk mobil dan alat berat memiliki keunggulan memantau penggunaan bahan bakar minyak atau BBM secara real time lewat dasbor aplikasi StartGPS.

“Pemilik usaha dengan armada kendaran operasional yang banyak, dapat memantau BBM seluruh kendaraannya dengan mudah, dan terdapat laporan yang bisa diunduh,” ujar Irma dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/11/2021).

StartGPS S910 bisa dipasang di alat berat, seperti excavator, traktor, dan heavy equipment machinery, sehingga dapat mengetahui penggunaan bahan bakar sesuai dengan jam kerja dari alat berat tersebut.

Fungsi lain dari StartGPS S910 adalah dapat ditambahkan opsi alat untuk memantau temperatur kabin cold storage dengan alat tambahan, yakni sensor bluecoin temperature.

“Sensor tambahan ini menggunakan koneksi secara wireless melalui Bluetooth, sehingga tidak perlu tarik kabel panjang dari unit StartGPS S910 ke cold storage,” kata Irma.

Sementara itu, produk kedua adalah StartGPS ST008, unit GPS Tracker yang dirancang khusus untuk sepeda motor. Alat ini memiliki keunggulan antiair, dengan sertifikasi IPX5.

Dari sisi harga, StartGPS S910 cukup bersaing. Perangkat ini dibanderol dengan harga kompetitif, yakni Rp1,599 juta dan StartGPS ST008 seharga Rp999.000.

Dalam pemberitaan sebelumnya, CEO STTI Hartono Budiman mengatakan penggunaan GPS Tracker pada kendaraan sudah marak digunakan. Kendati demikian, GPS tracker yang ada saat ini masih memakai buatan negara lain baik perangkat keras dan aplikasinya.

Hal ini membuat para pengguna GPS Tracker sulit melakukan personalisasi fitur yang dibutuhkan konsumen. Untuk itu, aplikasi buatan lokal ini diyakini akan membantu bidang teknologi pelacakan yang kebutuhannya semakin meningkat.

Makin Populer

Sistem pelacak mobil dan navigasi semakin diminati pasar. Tak mengherankan, PT Super Spring, perusahaan alat global positioning system (GPS), menargetkan peningkatan penjualan 350% pada 2021. 

Presiden Direktur Super Spring Arianto Furiady mengatakan keberadaan GPS tracker atau pelacak di dalam kendaraan telah menjadi hal lumrah. Pasalnya, saat ini harga GPS semakin terjangkau untuk dimanfaatkan masyarakat.

GPS tracker juga sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat dan perusahaan, karena kemudahannya dalam melacak posisi kendaraan yang bisa dilakukan melalui ponsel.

Selain itu, masyarakat juga telah semakin memahami fungsi GPS tracker, termasuk fitur mematikan mesin jarak jauh yang bisa dilakukan melalui alat tersebut.

Teknologi ini juga telah lama diperkenalkan oleh sejumlah merek pabrikan mobil untuk memperkuat penetrasinya di pasar kendaraan, seperti Mitsubishi Fuso dan Hino Motors. 

Runner Telematic menjadi salah satu penopang performa penjualan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC). Mitsubishi Fuso menargetkan kenaikan penjualan 2021 menjadi 31.220 unit dari tahun sebelumnya 24.000 unit.

"Kami akan menghadirkan serta memperkuat solusi digital melalui integrasi data dari berbagai sistem digital kami, seperti Runner Telematics," kata Presiden Direktur KTB Naoya Rocky Takai baru-baru ini.

KTB juga telah bekerja-sama dengan Kementerian Perhubungan melalui penguatan sistem Runner Telematics terhadap regulasi Kemenhub PM 60/2019 tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang Dengan Kendaraan Bermotor di Jalan.

Sementara itu Hino Connect sudah terpasang pada kendaraan Hino tahun produksi 2020, baik itu Hino Dutro, Hino Ranger dan Hino Bus. Hino Connect dapat digunakan oleh konsumen untuk mendukung operasional bisnisnya.

Fitur ini Hino berikan gratis selama 5 tahun baik itu perangkat, serta akses monitoring dan reportingnya. Untuk data yang dihasilkan juga akan terjaga kerahasian dan keamanannya karena data pelanggan tersimpan di server milik Hino. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.