BMW i Vision AMBY, Mobilitas Adaptif Penentang Kategorisasi

Dengan BMW i Vision AMBY, pedelec berkecepatan tinggi pertama untuk kaum urban, BMW Group menghadirkan solusi roda dua visioner untuk mobilitas perkotaan masa depan.

Moh. Fatkhul Maskur

7 Sep 2021 - 18.34
A-
A+
BMW i Vision AMBY, Mobilitas Adaptif Penentang Kategorisasi

AMBY adalah neologisme untuk 'mobilitas adaptif'. - Foto BMW

Bisnis, JAKARTA - Dengan BMW i Vision AMBY, pedelec berkecepatan tinggi pertama untuk kaum urban, BMW Group menghadirkan solusi roda dua visioner untuk mobilitas perkotaan masa depan. 

Dari luar, BMW i Vision AMBY terlihat mirip dengan e-bike, tetapi menawarkan lebih banyak kemungkinan. Ini adalah salah satu dari lima kendaraan konsep berbeda yang merepresentasikan visi mobilitas individu BMW di kota-kota dan daerah sekitarnya di acara IAA Mobility 2021. 

Di bawah payung tunggal yang mencakup mobilitas listrik, digitalitas, dan keberlanjutan, lima konsep perintis menciptakan perpaduan mobilitas serbaguna pada roda dua dan empat yang didorong oleh pemikiran berkelanjutan yang komprehensif menangani berbagai kebutuhan mobilitas nan luas.

AMBY adalah neologisme untuk 'mobilitas adaptif'. BMW i Vision AMBY dan BMW Motorrad Vision AMBY Vision Vehicles menafsirkan ide dasar mobilitas perkotaan adaptif pada roda dua dengan cara yang berbeda. 

Kedua kendaraan sama-sama dilengkapi dengan sistem penggerak listrik dengan tiga peringkat kecepatan untuk berbagai jenis jalan. Sistem penggerak memungkinkan kecepatan hingga 25 km/jam (15,5 mph) di trek sepeda, hingga 45 km/jam (28 mph) di jalan pusat kota dan hingga 60 km/jam (37 mph) di multi-jalur jalan raya dan luar kota. 

Namun, pelat asuransi dan lisensi yang sesuai diperlukan untuk kecepatan yang lebih tinggi. Sementara pengguna pedelec kecepatan tinggi BMW i Vision AMBY harus terus mengayuh pedal untuk mendapatkan manfaat dari bantuan sistem penggerak listrik, BMW Motorrad Vision AMBY berakselerasi melalui pegangan throttle/tuas throttle dan memiliki pijakan kaki bergaya sepeda motor. pedal.

Mode yang tersedia untuk pengendara disimpan dalam aplikasi pada smartphone yang terhubung dengan Vision Vehicle AMBY. Pemilihan mode secara manual sangat mungkin dilakukan, seperti pengenalan lokasi dan jenis jalan secara otomatis melalui teknologi geofencing dan penyesuaian otomatis terkait kecepatan tertinggi. 

Dengan tidak adanya kerangka hukum yang ada untuk kendaraan jenis ini dengan konsep kecepatan modular, Kendaraan Visi AMBY berangkat untuk mendorong pengenalan undang-undang tersebut dan dengan konsekuensi perkembangan seperti ini. Oleh karena itu, BMW Group menunjukkan keinginannya untuk tetap menjadi bagian dari percakapan mobilitas di kota-kota, bahkan jika di tahun-tahun mendatang kota-kota tersebut menawarkan ruang yang semakin kecil untuk mobil berfungsi.

“Ke mana pun Anda melihat, kategori yang tampaknya mapan sedang dihancurkan – dan itu hal yang baik. Di masa depan, klasifikasi seperti 'mobil', 'sepeda', dan 'sepeda motor' tidak boleh menentukan sifat produk yang kami pikirkan, kembangkan, dan tawarkan,” jelas Werner Haumayr, Wakil Presiden Konsepsi Desain Grup BMW. 

Sebaliknya, perubahan paradigma ini memberi kesempatan untuk menyesuaikan produk dengan gaya hidup masyarakat, seperti yang dapat dilihat dengan pedelec berkecepatan tinggi BMW i Vision AMBY. 

Kendaraan ini menempati ruang antara sepeda dan sepeda motor ringan dan memungkinkan pelanggan kami untuk memutuskan sendiri jalan atau rute mana yang ingin mereka lalui melalui daerah perkotaan. Mereka memiliki semua fleksibilitas yang mungkin, pada saat yang sama dengan memutar pedal dan menjaga diri mereka tetap fit. Mode dan pemilihan rute yang cerdas dimaksudkan untuk menjadikannya salah satu pilihan perjalanan tercepat melalui kota.”

BMW Group memandang BMW i Vision AMBY sebagai sarana transportasi masa depan yang menarik di kota-kota besar. Sebagai kendaraan kedua untuk keluarga atau titik masuk ke dunia kendaraan roda dua berpenggerak pedal listrik, BMW i Vision AMBY menawarkan berbagai aplikasi yang sangat bervariasi. Ini sangat memperluas cakupan penggunaan e-bike konvensional melalui teknologi pintar yang terkait dengan tiga mode berkendara.

Mirip e-Bike

Desain BMW i Vision AMBY ditentukan oleh visual yang ringan dan atletis yang kuat. Dan setiap detail menjanjikan bahwa ia mampu melebihi e-bike biasa. Struktur rangka lebih besar dan kesannya adalah salah satu kekuatan dan stabilitas yang lebih besar dalam segala hal. Geometri bingkai modern terasa seperti campuran sepeda balap dan e-bike sportif. Tabung bingkai atas, dibuat dari empat profil aluminium pahatan, mewakili pernyataan niat yang ekspresif dan modern – dan tidak hanya dalam istilah visual. 

Sapuan yang sedikit naik ke desainnya menggarisbawahi maksud dinamis. Ruang antara profil juga menawarkan ruang penyimpanan untuk tas ransel atau laptop. Terletak tepat sebelum setang adalah pad integrasi smartphone, yang menahan perangkat dengan aman di tempatnya menggunakan magnet dan memastikannya sangat terlihat.

Baterai diposisikan di tengah bingkai 2.000 Wh-nya memungkinkan jangkauan hingga 300 km (186 mil), tergantung pada mode berkendara. Berkat teknologi pengisian cepat, pengisian ulang hanya dalam tiga jam. Unit penggerak, yang diposisikan dekat dengan pedal dan juga berwarna hitam, hanya memberikan bantuan saat pedal diputar. 

Transfer daya dilakukan dengan sabuk bergigi perawatan rendah, dan transmisi terintegrasi ke dalam sistem penggerak. Lengan ayun satu sisi canggih yang unik untuk BMW Motorrad menghubungkan roda belakang dengan rangka. Suspensi depan dan belakang 120 mm ideal untuk semua aplikasi di dalam dan sekitar kota dengan kecepatan hingga 60 km/jam (37 mph). 

Roda 27,5 inci dilengkapi dengan ban yang lebih besar dan lebih lebar dari biasanya untuk memastikan kenyamanan dan keamanan yang luar biasa bahkan pada kecepatan yang lebih tinggi.

Desain batang stang sebagai bagian dari rangka memiliki nuansa yang sangat teknis dan berkualitas tinggi. Strip lampu LED horizontal yang ramping diintegrasikan ke dalam setang lebar dan menggarisbawahi tampilan teknis mutakhir dari bagian bingkai ini.

Demikian pula rem terintegrasi penuh dan kabel yang dirutekan secara internal mengatur segel pada aura modernitas teknis yang menutupi area stang. Lampu belakang LED vertikal terintegrasi ke tiang kursi. Di bawahnya, layar e-ink menunjukkan mode berkendara yang digunakan.

Roda belakang dengan pengikat tengah dapat dilepaskan dan dilepas dengan mudah untuk kemudahan transportasi yang optimal. Roda di garpu suspensi depan juga dapat dilepas dengan cara klasik dengan sekrup. Hasilnya adalah konstruksi yang ringkas, dan baterai juga dapat dilepas dan disimpan secara terpisah, yang mengurangi bobot beban.

Fokus Keberlanjutan

Kendaraan roda dua yang digerakkan dengan pedal membawa banyak manfaat bagi konurbasi perkotaan sebagai sarana transportasi – dalam hal fungsionalitas nol emisi, pengembangan area lalu lintas, dan efisiensi energi – melalui konsep dasarnya saja.

Kendaraan roda dua BMW i Vision AMBY juga merupakan bagian dari pesan ekonomi sirkular untuk BMW i Vision Circular, yang juga merayakan pemutaran perdananya di IAA 2021 Mobility. Bingkai dapat dikenali dengan jelas terbuat dari aluminium sekunder anodisa yang sama dengan bodi utama BMW i Vision Circular. 

Selain itu, bagian setang dan penutup baterai dibuat dari "polimer abu-abu mengambang", plastik daur ulang yang juga digunakan di bumper Vision Vehicle. Material ini dapat dimasukkan kembali ke dalam siklus material BMW Group dengan lebih mudah setelah produk mencapai akhir masa pakainya. Minyak yang berasal dari rapeseed digunakan sebagai minyak rem. 

Dan BMW Group juga berhati-hati untuk memastikan komponen BMW i Vision AMBY diproduksi secara lokal di Jerman dan – dengan mempertimbangkan rantai pasokan – jarak transportasi untuk mereka dijaga seminimal mungkin.

Rincian lebih lanjut tentang tema terkait keberlanjutan di sekitar kendaraan konsep BMW Group di IAA Mobility 2021 dapat ditemukan di microsite BMW Circular Lab di bmw.com, di BMW Circular Hub di Max-Joseph-Platz di pusat Munich dan sehubungan dengan kendaraan BMW i Vision Circular Vision.

Smartphone Kunci

Pengguna dapat menggunakan BMW i Vision AMBY untuk digunakan, memuat kelas lisensi yang tersimpan, dan menerapkan tingkat perlindungan asuransi yang diperlukan sesuai permintaan menggunakan aplikasi yang dikembangkan secara khusus. 

Oleh karena itu aplikasi mengambil peran yang secara tradisional dilakukan oleh kunci kendaraan. Ini menggunakan fungsi identifikasi ponsel cerdas yang sudah dikenal (misalnya pengenalan wajah) dengan cara yang sama seperti Kunci Digital, yang pertama kali diperkenalkan oleh BMW Group di industri otomotif dan mengubah iPhone yang kompatibel menjadi kunci mobil digital dengan memungkinkan pelanggan membuka, mengunci, dan tentu saja memmulai BMW mereka dengan aman dan mudah. 

Fungsi dasar dan permintaan status lainnya (misalnya tingkat pengisian saat ini dan terjadwal) juga tersedia, seperti saat menggunakan aplikasi BMW. Tiang kursi yang dapat disetel secara elektrik dioptimalkan secara biometrik agar sesuai dengan profil yang disimpan di aplikasi, dengan pengaturan yang disesuaikan dengan data yang telah dimasukkan sebelumnya – seperti tinggi dan ukuran kaki bagian dalam pengguna – sebelum berangkat. 

Pembaruan over-the-air memungkinkan pelanggan mengunduh pembaruan dan penyesuaian perangkat lunak kapan saja. Ponsel cerdas yang ditampilkan pada Vision Vehicle mengisi daya secara induktif pada braket magnetik di bagian bawah bidang pandang pengendara. Opsi konektivitas ini juga menghadirkan anti-pencurian dan immobilizer yang dapat diprogram gratis sebagai fungsi dasar. Dan fungsi pencarian "Where is my BMW i Vision AMBY" hanya dengan sekali klik pada smartphone.

Teknologi Geofencing

Alih-alih pengguna memilih sendiri mode berkendara, teknologi geofencing – dikombinasikan dengan layanan peta HERE yang terperinci – mampu membuat parameter yang relevan untuk menyetel mode kecepatan secara otomatis (25/45/60 km/jam [15,5/ 28/ 37] mph]) dan pertanggungan asuransi yang sesuai. 

Teknologi geofencing ini memungkinkan kendaraan mengenali jenis jalan yang digunakan dan secara otomatis menyesuaikan kecepatan maksimum yang diizinkan. Artinya BMW i Vision AMBY bisa berubah dari pedelec menjadi kendaraan tipe S-pedelec atau bahkan mirip sepeda motor. 

Kontrol mode manual, tentu saja, juga disediakan untuk memberikan kebebasan maksimal kepada pengguna dalam menggunakan berbagai jenis rute. Namun, teknologi cerdas memastikan peraturan lalu lintas dan keselamatan yang relevan tetap dipatuhi setiap saat. 

Mode yang digunakan ditampilkan di layar menggunakan teknologi e-ink – ini memudahkan pengguna jalan lain untuk mengidentifikasi mode yang diaktifkan/dipilih.

Fungsi teknologi lain yang dapat disertakan dalam BMW i Vision AMBY adalah sistem ABS yang dioptimalkan untuk sepeda, asisten lampu rem otomatis dan asisten lampu rem, serta lampu pengendaraan siang hari – yang semuanya dapat meningkatkan keselamatan. Sistem pemantauan tekanan ban yang serupa dengan yang dipasang pada sepeda motor BMW Group juga dimungkinkan. 

Sementara itu, radar jarak yang beroperasi pada jarak hingga 140 m memberi pengguna peringatan visual dan akustik (melalui aplikasi) kendaraan yang mendekat dari belakang, dan melengkapi berbagai fitur keselamatan yang memungkinkan.

Data Performa BMW i Vision AMBY
- Baterai: 2.000 Wh
- Waktu pengisian: tiga jam (pengisian cepat)
- Vmod1: hingga 25 km/jam / 15,5 mph
- Vmod2: hingga 45 km/jam / 28 mph
- Vmodmax: hingga 60 km/jam / 37 mph
- Jangkauan:
- 300+ km / 186+ mil (hingga 25 km/jam / 15,5 mph Vmax)
- 180 km / 112 mil (hingga 45 km/jam / 28 mph Vmax)
- 75 km / 47 mil (hingga 60 km/jam / 37 mph Vmax)
- Jarak sumbu roda: 1160mm (ukuran bingkai M/ L)
- Perjalanan suspensi: depan & belakang 120 mm
- Berat: kira-kira. 30 kg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.