BMW Integrasikan Jaringan 5G dan eSIM Personal ke Kendaraan

Dengan BMW iX, BMW Group menjadi produsen mobil premium pertama yang mengintegrasikan standar radio seluler 5G ke dalam kendaraan yang tersedia secara global. Adapun Deutsch Telekom menawarkan konektivitas 5G pertama untuk kendaraan semacam itu. 

Moh. Fatkhul Maskur

2 Sep 2021 - 17.33
A-
A+
BMW Integrasikan Jaringan 5G dan eSIM Personal ke Kendaraan

Kokpit BMW iX 2021, dan CID with 5G Mobile. - Foto BMW

Bisnis, JAKARTA - Dengan BMW iX, BMW Group menjadi produsen mobil premium pertama yang mengintegrasikan standar radio seluler 5G ke dalam kendaraan yang tersedia secara global. Adapun Deutsch Telekom menawarkan konektivitas 5G pertama untuk kendaraan semacam itu. 

Personal eSIM dapat diperpanjang dan diaktifkan dengan mudah melalui kontrak yang ada dengan opsi MobilityConnect. Ini menjadikan kendaraan sebagai perangkat yang saling terhubung untuk pelanggan, seperti jam tangan pintar. 

Mereka mendapat manfaat dari bandwidth tinggi dan latensi 5G yang rendah. Kendaraan memberikan kualitas telepon yang ditingkatkan secara signifikan dan memungkinkan hotspot WLAN 5G hingga sepuluh perangkat di dalam kendaraan. eSIM Pribadi yang diaktifkan ditautkan langsung ke ID BMW pelanggan. Ini dapat digunakan di kendaraan apa pun yang diaktifkan, termasuk fungsi yang sesuai.

Memasuki Era 5G

Standar radio seluler 5G yang baru akan secara signifikan meningkatkan opsi transmisi data dibandingkan dengan standar sebelumnya. Ini akan membuat aplikasi baru berbasis data dan meningkatkan kualitas aplikasi yang ada berkali-kali lipat. 

Untuk mobilitas, ini berarti perluasan komprehensif layanan berbasis data di bidang hiburan dan infotainment, mengemudi otomatis dan berbantuan, dan yang terpenting, keselamatan jalan. Standar 5G adalah akselerator yang menentukan untuk inovasi masa depan dalam mobilitas dan bidang aplikasi lainnya.

Deutsche Telekom dan BMW Group menggunakan Personal eSIM dan MobilityConnect untuk menghubungkan kendaraan ke radio seluler pelanggan berbasis 5G untuk pertama kalinya. Selain itu, pelanggan Telekom dapat memperpanjang kontrak telepon seluler yang ada ke mobil mereka untuk pertama kalinya.

Tak Hanya eSIM

BMW iX adalah unggulan teknologi BMW Group dan mewakili dunia nyata pertama dalam jaringan. Teknologi 5G dan eSIM digunakan dalam kendaraan produksi untuk pertama kalinya.

Selain eSIM kendaraan terintegrasi standar, eSIM pribadi tambahan akan terintegrasi, seperti yang sebelumnya dikenal dari perangkat pintar, seperti tablet atau jam tangan pintar. Teknologi ponsel yang dipasang di kendaraan memungkinkan kedua eSIM aktif dengan 5G secara bersamaan dengan berbagai layanan (Dual-SIM-Dual-Active). 

Sistem multi-aerial BMW iX, yang dikembangkan khusus untuk 5G, mengarahkan sinyal radio dari antena multi-band yang dioptimalkan kinerjanya langsung ke sistem infotainment kendaraan melalui koneksi Gigabit Ethernet. 

Di masa depan, semua penumpang akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan kualitas koneksi dan peningkatan throughput data, karena hotspot WLAN dapat diaktifkan di dalam kendaraan melalui Personal eSIM, memungkinkan hingga sepuluh perangkat untuk berselancar atau streaming dengan kecepatan 5G. 

Pada saat yang sama, tidak perlu lagi memesan kontrak tambahan ponsel terpisah untuk kendaraan untuk hotspot. eSIM kendaraan dapat dengan mudah diaktifkan dengan opsi MobilityConnect melalui kontrak telepon seluler pelanggan Telekom yang ada.

“BMW selalu menjadi pionir dalam jaringan mobilitas. Kami telah memasang kartu SIM pertama di kendaraan pada tahun 1997. Dengan 5G Personal eSIM, kami sekarang mengintegrasikan tingkat konektivitas yang benar-benar baru untuk pelanggan kami di dalam mobil bekerja sama dengan Deutsche Telekom." kata Stephan Durach, Wakil Presiden Senior Pengembangan dan Operasi Perusahaan Terhubung BMW Group

Telekom memperkenalkan opsi radio seluler 5G pertama untuk mobil
Untuk pertama kalinya, Telekom memperkenalkan opsi tarif khusus untuk konektivitas terintegrasi di dalam kendaraan. Ketika BMW iX tersedia di pasar, pelanggan Telekom dapat memperpanjang kontrak ponsel mereka dengan opsi MobilityConnect untuk menyertakan BMW iX dan model lain yang diaktifkan kemudian dengan biaya 9,95 euro per bulan.

"Telekom adalah penyedia jaringan terkemuka di Jerman, baik di radio seluler maupun di jaringan telepon rumah. Dengan opsi radio seluler MobilityConnect baru, kami membawa jaringan 5G ke dalam kendaraan sebagai standar untuk pertama kalinya”, jelas André Almeida, Managing Director Private Customers Telekom Jerman.

Melalui Aplikasi

Pemesanan dapat dengan mudah dimulai di dalam kendaraan dan pelanggan dipandu langkah demi langkah oleh pusat pelanggan My BMW App atau Telekom hingga akhir kontrak. Saat Anda memesan opsi tarif, eSIM diaktifkan untuk kendaraan. Setelah jangka waktu minimal 1 tahun, opsi tarif dapat dibatalkan setiap hari.

Keluarga dengan demikian dapat, misalnya, memesan layanan digital dalam waktu singkat untuk perjalanan liburan berikutnya dengan mobil. 

Setelah eSIM Pribadi diaktifkan menggunakan opsi MobilityConnect, pengaturan pengemudi pribadi tidak hanya disimpan di dalam mobil, tetapi juga dengan ID BMW. Dengan demikian, pelanggan dapat mentransfer pengaturan Personal eSIM ke kendaraan lain yang diaktifkan dengan mengaktifkan ID BMW. 

Aktivasi Personal eSIM di dalam mobil dilakukan secara otomatis dengan login dengan ID BMW dan langsung tersedia. Pelanggan dengan demikian mengubah setiap BMW berkemampuan 5G (juga untuk kendaraan sewa atau pinjaman) menjadi perangkat mereka yang saling terhubung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.