Mandiri Investment Forum 2024: Indonesia Mengejar Pertumbuhan Berkualitas

Ekonomi Indonesia diproyeksikan akan terus tumbuh ke depan ditunjang stabilitas ekonomi makro yang terjaga. Tahun 2024 memberikan kesempatan bagi ekonomi temasuk Indonesia untuk bisa tumbuh lebih tinggi lagi.

Media Digital

8 Mar 2024 - 10.19
A-
A+
Mandiri Investment Forum 2024: Indonesia Mengejar Pertumbuhan Berkualitas

Mandiri Investment Forum 2024: Indonesia Mengejar Pertumbuhan Berkualitas

Ekonomi Indonesia diproyeksikan akan terus tumbuh ke depan ditunjang stabilitas ekonomi makro yang terjaga. Tahun 2024 memberikan kesempatan bagi ekonomi termasuk Indonesia untuk bisa tumbuh lebih tinggi lagi. Arah suku bunga global yang diproyeksikan mulai menurun pada Semester II 2024, diharapkan menjadi katalis positif yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Inflasi global yang telah menunjukan tren menurun, akan semakin memberikan ruang bagi bank sentral negara-negara di dunia untuk menurunkan suku bunga. 


Ke depan, Indonesia tidak hanya akan fokus pada upaya mengejar pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Tetapi, Indonesia juga perlu meningkatkan kualitas pertumbuhan ekonomi. Investasi untuk meningkatkan kualitas modal manusia (human capital) melalui perbaikan kualitas pendidikan dan kesehatan menjadi agenda terpenting. Selain itu, Indonesia secara bersamaan terus mengurangi angka kemiskinan dan kesenjangan sebagai bagian dari upaya memperbaiki kualitas pertumbuhan ekonomi. 


Pertumbuhan ekonomi berkualitas juga berorientasi pada pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Penerapan perdagangan karbon dan pajak karbon adalah instrumen penting dalam pengendalian efek rumah kaca sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan. 


Sektor yang memegang peranan penting dalam mengejar pertumbuhan ekonomi tinggi dan berkualitas adalah sektor manufaktur dan pertanian. Kedua sektor ini adalah tulang punggung ekonomi nasional karena merupakan sektor terbesar dari dalam perekonomian dan menyerap tenaga kerja terbanyak. Kebijakan penting mendorong pertumbuhan di kedua sektor ini difokuskan untuk meningkatkan produktivitas melalui perbaikan kapabilitas teknologi dan kualitas tenaga kerja. 


Oleh karenanya, kebijakan yang memberikan insentif bagi peningkatan kapabilitas teknologi termasuk yang mendorong kegiatan R&D (Research & Development) sangat diperlukan untuk mempercepat perbaikan kapabilitas teknologi. Perusahaan-perusahaan nasional pun diharapkan bertransformasi dengan mengadopsi dan mengembangkan kemampuan teknologinya sehingga menghasilkan produk yang lebih inovatif dan berdaya saing di pasar lokal maupun global. 


Mandiri Investment Forum 2024 dilakukan secara hybrid pada 5 Maret 2024, dihadiri 689 peserta offline dan 27.017 peserta online. Sebagai keterangan, peserta offline terdiri atas 639 peserta nasional dan 50 peserta asing. Peserta asing ini terdiri atas investor, pejabat kedutaan negara sahabat di Indonesia, dan staf lembaga internasional seperti, Asian Development Bank dan World Bank. Tiga duta besar negara sahabat yang hadir adalah Turki, Spanyol dan Uni Emirat Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Media Digital

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.