Mission R Concept, Pengemban Misi Penguatan Porsche

IAA Mobility 2021, 7-12 September, di Munich, benar-benar dimanfaatkan kalangan merek pabrikan mobil untuk menunjukkan inovasi mereka, termasuk Porsche yang menunjukkan tampilan spektakuler masa depan otomotif : Mobil Konsep Mission R.

Moh. Fatkhul Maskur

9 Sep 2021 - 21.24
A-
A+
Mission R Concept, Pengemban Misi Penguatan Porsche

Porsche Mission R di IAA Mobility 2021. - Porsche

Bisnis, JAKARTA - IAA Mobility 2021, 7-12 September, di Munich, benar-benar dimanfaatkan kalangan merek pabrikan mobil untuk menunjukkan inovasi mereka, termasuk Porsche yang menunjukkan tampilan spektakuler masa depan otomotif : Mobil Konsep Mission R.

Mobil konsep Mission R menggabungkan teknologi tercanggih dan bahan berkelanjutan, seperti plastik yang diperkuat serat alami, dengan semangat balap. Selain desain progresif, mobil kompetisi all-electric yang sangat rendah ini menampilkan garis karakteristik mobil sport dari Stuttgart-Zuffenhausen. 

Dua motor listrik yang baru dikembangkan yang tergabung dalam Porsche Mission R menghasilkan hingga 800 kW (1.088 PS) dalam apa yang disebut mode kualifikasi. Kapasitas baterai sekitar 80 kWh dan sistem pemulihan yang inovatif memungkinkan balap sprint tanpa kehilangan output.

"Porsche adalah merek untuk orang-orang yang memenuhi impian mereka. Hal ini juga berlaku dalam olahraga motor. Kami mengalami kekuatan inovatif kami di trek balap, menunjukkan keberanian dalam mengejar jalan baru dan menyenangkan pemilik mobil dengan kinerja olahraga," kata Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG, seperti dikutip dalam keterangan pers, Kamis (9/9/2021). 

Selain keterlibatan dalam Kejuaraan Dunia Formula E, Porsche sekarang mengambil langkah besar berikutnya dalam mobilitas listrik. Studi konsep adalah visi Porrsche untuk semua motorsport pelanggan listrik. Misi R mewujudkan segala yang membuat Porsche kuat : kinerja, desain dan keberlanjutan.

Motorsport menikmati tingkat penghargaan tinggi di Porsche. Sejak dimulainya Porsche Carrera Cup Deutschland 31 tahun lalu, pabrikan mobil sport ini telah memproduksi dan mengirimkan lebih dari 4.400 mobil Cup dari Weissach. Sebanyak 30 seri one-make cup diadakan di seluruh dunia berdasarkan mobil balap performa tinggi yang andal ini. 

Versi terbaru dari 911 GT3 Cup tidak diluncurkan hingga awal musim motorsport 2021 dan didasarkan pada model generasi 992. Porsche Mission R memberikan indikasi seperti apa masa depan seri one-make dengan mobil listrik.

Mobil all-wheel drive yang menghasilkan kurang dari 1.100 PS dalam mode kualifikasi ini berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari 2,5 detik. Kecepatan tertinggi: lebih dari 300 km/jam. 

Di trek balap, pembalap listrik ini mencapai performa waktu putaran yang sama dengan Porsche 911 GT3 Cup saat ini. Berkat motor listrik dan sel baterai yang baru dirancang – semuanya dilengkapi dengan pendinginan oli langsung yang inovatif – studi konsep Porsche Mission R menghasilkan output daya konstan sebesar 500 kW (680 PS) dalam mode balapan. 

Apa yang disebut penurunan, yaitu pengurangan output daya baterai karena kondisi termal, telah dihilangkan. 

Motor listrik hingga 320 kW (435 PS) memberi daya pada gandar depan, sementara maksimum 480 kW (653 PS) disalurkan ke belakang. Berkat teknologi 900 volt yang canggih dan Porsche Turbo Charging, istirahat 15 menit yang baik dari balapan adalah semua yang diperlukan untuk mengisi baterai dari 5 hingga 80 persen SoC (status pengisian daya). 

Pengisian daya dapat berlangsung hingga 340 kW. Mission R juga dilengkapi pengembangan lebih lanjut dari Porsche Active Aerodynamics (PAA) dengan Drag Reduction System (DRS) di bagian hidung dan sayap belakang. Ini terdiri dari tiga kisi-kisi di masing-masing dari dua intake udara samping di bagian hidung serta sayap belakang dua bagian yang dapat disesuaikan.

Selain konsep penggerak baterai-listrik yang inovatif, bodi mobil konsep juga berfokus pada pengurangan dan keberlanjutan CO2: sebagian besar terbuat dari plastik yang diperkuat serat alami (NFRP), yang bahan dasarnya terbuat dari serat rami yang diperoleh dari pertanian.

Bahan ekologis ini juga digunakan untuk lip spoiler depan, diffuser dan side skirt. NFRP digunakan secara luas di interior Mission R, seperti panel pintu interior, sekat belakang, dan jok.

Desain interior berfokus pada pengemudi di semua area. Tampilan yang ditempatkan secara ergonomis di antara kontrol pada roda kemudi menunjukkan data yang relevan selama balapan. Monitor di atas kolom kemudi menunjukkan gambar dari kamera kaca spion samping dan kamera kaca spion tengah. 

Layar sentuh di sebelah kanan kursi dapat digunakan untuk memanggil data biometrik pengemudi, misalnya. Banyak kamera lain di interior dapat digunakan untuk memberikan rangkaian yang menarik untuk transmisi streaming langsung.

Dengan proyek Mission R, Porsche membawa balap nyata dan virtual lebih dekat daripada sebelumnya. Modul driver monocoque dalam bentuk yang persis sama juga berfungsi ganda sebagai simulator esports. 

Struktur keselamatan yang terbuat dari bahan komposit serat karbon menggabungkan potensi perlindungan tinggi untuk pengemudi dengan bobot rendah dan tampilan yang khas. 

Insinyur dan desainer Porsche telah menamai struktur atap karbon yang baru dikembangkan sebagai "kerangka luar". Ini menggabungkan kandang pengaman dan kulit atap. Dengan panjang 4.326 milimeter, Porsche Mission R sedikit lebih pendek dari seri 718 Cayman saat ini, tetapi terlihat lebih lebar pada 1.990 milimeter dan dengan eksternal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.