RI Kantongi Komitmen Ekspor Mamin Rp5,05 Miliar ke Meksiko

Total perdagangan nonmigas Indonesia–Meksiko pada periode Januari–September 2021 tercatat mencapai US$1,06 miliar atau meningkat 25,78 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020.

Iim Fathimah Timorria

9 Des 2021 - 15.13
A-
A+
RI Kantongi Komitmen Ekspor Mamin Rp5,05 Miliar ke Meksiko

Paviliun Indonesia di pameran makanan dan minuman terbesar di Amerika Selatan, Antad & Alimentaria. Ajang tersebut diselenggarakan pada 18—20 Oktober 2021 di Guadaljara, Meksiko./dok. Kementerian Perdagangan

Bisnis, JAKARTA — Kepesertaan Indonesia di pameran makanan dan minuman terbesar di Amerika Selatan, Antad & Alimentaria berhasil membuahkan komitmen transaksi senilai US$352.000 atau sekitar Rp5,05 miliar (kurs Rp14.350).

Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Mexico City Husodo Kuncoro Yakti mengatakan ajang tersebut diselenggarakan pada 18—20 Oktober 2021 di Guadaljara, Meksiko. Dalam pameran itu, perwakilan RI menampilkan kopi, mi instan, kecap, wafer, dan permen.

“Keharuman mi instan dan aroma khas kopi Indonesia yang kami sajikan menarik perhatian pengunjung pameran untuk mengunjungi stan Indonesia. Sampel mamin yang kami berikan secara gratis juga laris karena banyak pengunjung yang ingin mencobanya,” ujarnya dalam siaran pers yang dilansir Kementerian Perdagangan, Kamis (9/12/2021).

Dalam ajang tersebut, ITPC Mexico City mengajak sejumlah eksportir Indonesia untuk ikut serta yakni Sejati untuk produk mi instan.

Beberapa importir dari Meksiko yang berpartisipasi adalah Karlogistik untuk produk kopi, Dulces Las Delicias untuk wafer stick roll dan permen jeli, Kokola untuk produk biskuit dan wafer, serta Kume Importar yang merupakan importir kecap manis.

Dulces Las Delicias merupakan salah satu penerima Primaduta Award pada Trade Expo Indonesia ke- 36 untuk produk wafer stick roll yang diimpor dari PT Dolphin dan permen jeli yang diimpor dari PT Yuppi Indo Jelly Gum.

Duta Besar RI untuk Meksiko Cheppy T. Wartono menyampaikan apresiasi kepada ITPC Mexico City dalam mempromosikan produk mamin Indonesia.

Cheppy mengatakan keikutsertaan Indonesia dalam pameran ini merupakan kesempatan untuk memperkenalkan produk mamin dari perusahaan besar maupun UKM.

“Saya berharap ke depannya ITPC Mexico City dapat memberikan kesempatan yang lebih luas lagi kepada UKM Indonesia siap ekspor untuk semakin memperbesar sayapnya dalam mempromosikan produknya,” katanya.

Total perdagangan nonmigas Indonesia–Meksiko pada periode Januari–September 2021 tercatat mencapai US$1,06 miliar atau meningkat 25,78 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020.

Nilai ekspor nonmigas ke Meksiko periode Januari–September 2021 berjumlah US$858,93 juta atau meningkat 31,44 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020.

Di sisi lain, impor nonmigas periode Januari–September 2021 tercatat sebesar US$210,81 juta atau meningkat 7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike D. Herlinda

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.