Suzuki Ertiga, Perjalanan 9 Tahun Bersama Keluarga Indonesia

Sejak diluncurkan, Ertiga menjadi mobil favorit keluarga yang hadir dengan eksterior gagah dan tangguh, serta memiliki kabin dan bagasi yang luas untuk kenyamanan penumpang.

Moh. Fatkhul Maskur
Oct 28, 2021 - 5:22 PM
A-
A+
Suzuki Ertiga, Perjalanan 9 Tahun Bersama Keluarga Indonesia

Suzuki Ertiga. - FotoSuzuki

Bisnis, JAKARTA - Ertiga merupakan low multipurpose vehicle (LMPV) andalan Suzuki Indonesia yang hadir mulai 2012. 

Sejak diluncurkan, Ertiga menjadi mobil favorit keluarga yang hadir dengan eksterior gagah dan tangguh, serta memiliki kabin dan bagasi yang luas untuk kenyamanan penumpang.

Inovasi yang dilakukan Suzuki menempatkan Ertiga sebagai kendaraan ‘Kebanggaan Keluarga’ Indonesia. Suzuki Indonesia terus berupaya memenuhi kebutuhan dan impian keluarga Indonesia lewat produknya.

Oleh karena itu, Ertiga turut memiliki sejumlah catatan perjalanan yang menarik untuk diikuti, sejalan dengan perjalanan keluarga Indonesia yang selalu menjadi lebih baik setiap waktu.

Generasi Pertama

Ertiga pertama kali diperkenalkan ke masyarakat Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 sebagai concept car dengan nama R-III. Dua tahun setelahnya, Suzuki resmi memasarkan Ertiga yang sontak menjadi fenomena serta primadona baru.

Dalam perjalanan Ertiga generasi pertama, Suzuki melakukan dua kali penyegaran tampilan atau facelift yaitu pada 2013 dan 2015. Pada 2013, Suzuki menghadirkan pilihan transmisi otomatis dan menyematkan fitur AC double blower ke dalam varian Ertiga GL dan GX.

Kemudian pada 2015, Suzuki menghadirkan New Ertiga dengan perubahan pada eksterior seperti bumper, gril, pelek, dan lampu bagian belakang yang mendapatkan tambahan reflektor.

Pada tahun yang sama, Suzuki juga meluncurkan Suzuki Ertiga Dreza yang memiliki tampilan mewah sebagai alternatif pilihan dalam menjangkau keluarga Indonesia secara lebih luas.

New Ertiga Diesel Hybrid

Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid diluncurkan sebagai alternatif terbaru pada 2017. New Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin diesel berkapasitas 1.300 cc dengan teknologi  DDiS (Diesel Direct Injection System) dan mampu mengeluarkan tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm.

Mobil ini juga menggunakan sistem hybrid atau yang disebut Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang mampu membuat konsumsi bahan bakar Ertiga jadi lebih efisien, sekaligus menjadikan Suzuki sebagai pionir otomotif yang menerapkan teknologi hibrida pada kategori LMPV di Indonesia.

Generasi Kedua

Pada 2018, Suzuki meluncurkan All New Suzuki Ertiga (generasi kedua) pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. All New Ertiga mendapatkan perubahan total dari generasi sebelumnya, meliputi eksterior dan interior yang lebih elegan dan sportif.

Ukuran kabin menjadi lebih luas dan nyaman karena dibangun di atas platform Heartect yang memiliki kekuatan struktur yang lebih baik namun bobot lebih ringan serta berorientasi pada kenyamanan pengendara dan penumpang.

Generasi kedua ini menggunakan mesin baru berkode K15B yang memiliki konfigurasi 4 silinder segaris dan berkapasitas 1.462 cc dengan teknologi DOHC dan VVT yang sanggup menghasilkan tenaga 104,7 dk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

Pengembangan teknologi yang disematkan pada All New Ertiga memberikan efisiensi dan performa yang lebih baik.

Minor Change 2019

Diluncurkan pertama kali pada 15 Februari 2019, Suzuki All New Ertiga kembali hadir dengan sejumlah peningkatan fitur, antara lain pada tipe GX yang telah dilengkapi dengan new dual tone alloy wheels, rear defogger, wiring harness untuk kamera parkir, touchscreen head unit 6,8 inci dan digital panel AC auto lengkap dengan heater, dan bagi tipe GL mendapatkan lampu kabut (fog lamp).

All New Ertiga Suzuki Sport

Diluncurkan pada 22 Maret 2019, All New Ertiga Suzuki Sport diposisikan sebagai varian tertinggi dari keluarga All New Ertiga.

Eksteriornya tampil tampil lebih gagah, tangguh, dan sportif berkat new grille design dan body kit (front under spoiler, side under spoiler, rear under spoiler, rear upper spoiler) yang sportif, daytime running lights (DRL), rear defogger, rear camera parking, dan new dual tone alloy wheels. Tidak lupa penyematan emblem Suzuki Sport di butritan menegaskan citra sportif.

Sedangkan bagian dalamnya tampil dengan luxorious instrument panel and dashboard with wooden pattern, serta penambahan kelengkapan fitur keselamatan seperti hill hold control, anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), dual SRS airbags dan electronic stability programme (ESP).

Minor Change 2020

All New Ertiga kembali mendapatkan pengembangan terbaru dan mulai dipasarkan pada 15 Januari 2020. Suzuki kembali memberikan peningkatan pengalaman berkendara bagi konsumen melalui sejumlah perubahan, seperti Tipe GX yang dilengkapi luxorious instrument panel and dashboard with wooden pattern, dan head unit dengan monitor touchscreen  8 inci, adapun tipe GL juga turut mendapatkan digital panel AC auto lengkap dengan heater.

Memenuhi respon positif dari konsumen, Tipe GL, GX dan Suzuki Sport juga dilengkapi armrest atau sandaran tangan di kursi baris kedua.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan pengembangan Ertiga selama 9 tahun merupakan komitmen Suzuki untuk terus menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

“Kami selalu melakukan inovasi dan pengembangan untuk menyempurnakan Ertiga sebagai salah satu backbone penjualan kendaraan penumpang Suzuki Indonesia,” ujar Donny.

Inovasi yang dilakukan terhadap Ertiga di setiap generasinya juga sebagai apresiasi kepada pelanggan agar dapat memiliki kendaraan unggulan yang memiliki teknologi terbaru namun dengan harga yang kompetitif. Dengan sederet keunggulan yang ditawarkan, Ertiga telah mendapatkan banyak penghargaan.

Selama 9 tahun tumbuh bersama keluarga Indonesia, Suzuki mencatatkan penjualan All New Ertiga mencapai 314.531 unit, dan ekspor ke 36 negara mencapai 103.744 unit. Pada 2021, All New Ertiga berhasil menguasai pangsa pasar LMPV sebesar 9%, dan berkontribusi 12% terhadap penjualan nasional Suzuki Indonesia.

 

Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar